Kiat Guru PAI untuk Membina Akhlak Siswa dalam Proses Pembelajaran Di SDN 06 Lasi Mudo

Masniwati, 2113115 (2017) Kiat Guru PAI untuk Membina Akhlak Siswa dalam Proses Pembelajaran Di SDN 06 Lasi Mudo. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover MASNIWATI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
abstrak MASNIWATI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
fulltext MASNIWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB) | Request a copy

Abstract

Maksud dari judul ini adalah bagaimana usaha yang dilakukan oleh guru PAI dalam membina akhlak siswa Berdasarkan pengamatan awal penulis terlihat bahwa ada peserta didik dalam proses pembelajaran masih belum mengikuti nasehat-nasehat guru dengan baik seperti meribut dalam kelas, bertutur kata yang kurang sopan terhadap guru serta kurang menghargai sesama teman, dalam hal ini guru pendidikan agama Islam mempunyai tanggung jawab yang lebih berat dibandingkan dengan guru pendidikan pada umumnya, karena selain bertanggungjawab terhadap pembentukan pribadi anak yang sesuai dengan ajaran Islam, beliau juga bertanggung jawab kepada Allah SWT dalam membimbing anak didiknya supaya menjadi insan yang bertaqwa. Pendidikan agama Islam merupakan pendidikan yang sistematis dalam membentuk kepribadian dan akhlak seorang siswa dalam kehidupan sehari-hari agar sesuai dengan ajaran agama Islam. Karena hal demikian lah yang melatar belakangi penulis untuk mengangkat kan judul ini. Penelitian ini merupakan penelitian field research yang bersifat kualitatif deskriptif yakni dengan menggambarkan dan melukiskan secara sistematis, faktual dan akurat yang sesuai dengan fakta-fakta yang diperoleh dilapangan. Informan kunci penelitian ini adalah guru PAI, sebagai informan pendukungnya adalah kepala asekolah, guru-guru, dan siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan penulis menggambarkan bahwa guru-guru khususnya guru PAI di SDN 06 Lasi Mudo yang terdiri dari 2 orang guru telah melakukan berbagai usaha dalam membina akhlak siswa dalam proses pembelajaran, hal ini mereka lakukan dengan cara memberi keteladanan yaitu memberi contoh yang baik terhadap siswa misalnya mereka tidak telat masuk kedalam ruangan kelas dan selalu berusaha menggunakan bahasa yang baik dalam berkomunikasi. Dan guru pun selalu membimbing siswa kepada kebaikan, selain itu guru juga tidak pernah bosan memberi nasehat kepada siswa yang mana disertakan dengan perhatian dan kasih sayang, dan terlihat bahwa masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi perilaku siswa di SDN 06 Lasi Mudo sehingga hal demikian dapat menjadi kendala yang harus dihadapi oleh guru dalam pembinaan akhlak tersebut seperti yang terjadi pada kelas V yang mana jumlah siswanya adalah 32 orang, laki-laki 17 orang dan perempuan 16 orang dan hampir sebahagian siswa belum memiliki akhlak yang baik sehingga akan mengganggu pada pencapaian tujuan pembelajaran yang efektif dan efesien.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1501 Pendidikan dasar
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC251 Pendidikan karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 10 Dec 2025 02:57
Last Modified: 10 Dec 2025 02:57
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1203

Actions (login required)

View Item View Item