Ilza Dessu Nasri, 2113079 (2017) Keterampilan Guru Tamatan Pendidikan Agama Islam Dalam Pengelolaan Kelas di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Tandikat Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover ILZA DESSU NASRI.pdf Download (22kB) |
|
|
Text
abstrak ILZA DESSU NASRI.pdf Download (204kB) |
|
|
Text
fulltext ILZA DESSU NASRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Guru tamatan Pendidikan Agama Islam sudah seharusnya terampil dalam mengelola kelas, baik itu yang berhubungan dengan peserta didik maupun pengelolan fasilitas (fisik kelas). Namun penulis melihat ketika pembelajaran berlangsung peserta didik kurang tertib saat belajar, diantara peserta didik banyak yang meribut, bercerita dengan teman, mengerjakan aktifitas yang tidak berkaitan dengan pembelajaran, sering keluar masuk pada saat pembelajaran berlangsung. Oleh sebab itu penulis ingin mengetahui bagaimana bentuk keterampilan guru tamatan PAI dalam pengelolaan peserta didik dan bagaiaman bentuk keterampilan Guru Tamatan PAI dalam pengelolaan fasilitas/fisik kelas. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang menggambarkan kejadian-kejadian yang terjadi dilapangan Penulis mencoba menggambarkan, menuliskan, dan menafsirkan suatu fenomena yang berkembang pada masa sekarang. Dalam pengambilan data ini yang menjadi informan kuncinya guru tamatan Pendidikan Agama Islam yang sebanyak 3 orang, informan pendukungnya kepala sekolah dan peserta didik MTsN Tandikat. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam keterampilan pengelolaan peserta didik guru tamatan PAI telah mengorganisasi peserta didik untuk aktif di kelas dan memperhatikan disiplin peserta didik, serta dapat menangani prilaku negatif peserta didik dengan baik, walaupun dalam mengelompokkan peserta didik guru masih kurang maksimal dalam pelaksanaannya. Dalam pengelolaan fisik (Tata Ruang Kelas) guru tamatan PAI telah mengelola tata ruang kelas yang mencukupi untuk pembelajaran dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Walaupun begitu, dalam pengelolaan tata ruang kelas terkait pengaturan ruang belajar, tempat duduk, alat-alat pengajaran belum mendapat perhatian secara utuh.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:58 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:58 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1206 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

