Peran Guru Ngaji dalam Membentuk Perilaku Keberagamaan Anak di TPQ Al-Munawwarah: Studi Kasus di Jorong Ronah Nagari Maek Kabupaten Lima Puluh Kota

Dwi Sovia Apri Lioni, 4621032 (2025) Peran Guru Ngaji dalam Membentuk Perilaku Keberagamaan Anak di TPQ Al-Munawwarah: Studi Kasus di Jorong Ronah Nagari Maek Kabupaten Lima Puluh Kota. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Dwi Sovia Apri Lioni 4621032 cover.pdf

Download (22kB)
[img] Text
Dwi Sovia Apri Lioni 4621032 abstrak.pdf

Download (418kB)
[img] Text
Dwi Sovia Apri Lioni 4621032 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sebagian anak di Jorong Ronah yang masih memiliki pemahaman yang terbatas dalam membaca Al-Qur’an karena kurang optimalnya peran orang tua dalam mengajarkan anaknya untuk mengaji karena sibuk bekerja, serta anak yang malas untuk mengaji dan lebih memilih untuk bermain. Ini berdampak pada perilaku keberagamaan anak-anak menjadi kurang maksimal yang mengakibatkan mereka tidak bisa mengaji serta lemahnya pengamalan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk peran guru ngaji dalam meningkatkan perilaku keberagamaan anak TPQ Al-Munawwarah serta dampak dari peran guru ngaji terhadap perilaku keberagamaan anak TPQ Al-Munawwarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian terdiri dari informan kunci yaitu dua orang Guru Ngaji, informan utama enam orang murid TPQ, dan informan pendukung enam orang wali murid. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan kecermatan dalam penelitian, dan triangulasi sumber serta triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk peran guru ngaji dalam meningkatkan perilaku keberagamaan anak TPQ Al-Munawwarah di Jorong Ronah, yaitu mengajarkan membaca Iqro’ dan Al-Qur’an, mengajarakan tilawah, dan sebagai pembina muhadarah. Sedangkan dalam bidang shalat yaitu mengajarkan doa dan praktek berwudhu, serta mengajarkan niat dan praktek shalat. Adapun dampak dari peran guru ngaji terhadap perilaku keberagamaan anak di TPQ Al-Munawwarah yaitu meningkatkan bacaan Al-Qur’an, hafal doa-doa pendek dan niat shalat, anak semakin rajin mengaji dan berangkat ke TPQ, serta menjuarai lomba-lomba keagamaan seperti lomba MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) dan lomba Adzan.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Peran Guru Ngaji, Perilaku Keberagaman, Anak TPQ
Subjects: L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC251 Pendidikan karakter
Divisions: Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah > Sosiologi Agama
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:30
Last Modified: 10 Dec 2025 07:30
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1228

Actions (login required)

View Item View Item