Dini Mulyani, 2113009 (2017) Nilai-nilai Pendidikan dalam Shalat yang Khusyuk (QS. Al-Mukminun ayat 1-2) Menurut Tafsir Al-Azhar Karangan Buya Hamka. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Cover DINI MULYANI.pdf Download (58kB) |
|
|
Text
abstrak DINI MULYANI.pdf Download (72kB) |
|
|
Text
fulltext DINI MULYANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti terhadap surat Al- Mukminun ayat 1-2 yang meyebutkan bahwa sungguh beruntung orang-orang yang beriman yaitu yang khusyuk dalam shalatnya, sehingga peneliti tertarik untuk menggali nilai-nilai pendidikan yang ada dalam shalat khusyuk (QS. Al- Mukminun ayat 1-2). Rumusan masalah dalam penelitan ini Bagaimana penafsiran Buya Hamka dalam Tafsir Al-Azhar mengenai shalat khusyuk yang terdapat di Surat Al-Mukminun ayat 1-2 dan kaitannya dengan nilai-nilai pendidikan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali nilai-nilai pendidikan dalam shalat khusyuk yang terdapat di Surat Al-Mukminun ayat 1-2 berdasarkan tafsir Al-Azhar karangan Buya HAMKA. Jenis penelitian ini adalah library research dengan menggunakan metode tafsir mawdu’i. Subjek dalam penelitian ini adalah QS. Al-Mukminun ayat 1-2 dan ayat-ayat lain dengan tema shalat yang khusyuk. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu cara berpikir deduktif dan induktif. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat nilai pendidikan religius dan nilai pendidikan moral dalam shalat yang khusyuk (QS.Al-Mukminun ayat 1- 2). Nilai pendidikan religius terlihat dari dari kepribadian, akhlak dan keyakinan seorang mukmin tersebut kepada Rabbnya, yaitu : beriman, bertakwa, tenang, tawakal, sabar, rela, ihsan, dan berani. Nilai pendidikan moral dalam shalat yang khusyuk terlihat dari akhlaknya yang baik, imannya yang paripurna, dan memiliki tujuan dalam hidupnya, sehingga ia mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > B Philosophy (General) B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP100-134 Al-Qur'an B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP178 Doa,Sholat L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC251 Pendidikan karakter |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 02:04 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 02:04 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1240 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

