Novia Safitri, 2113089 (2017) Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur'an Di Taman Pendidikan Al-Qur'an Muthathahirin Baruah Kel. Pulai Anak Air Kec. Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover NOVIA SAFITRI.pdf Download (70kB) |
|
|
Text
abstrak NOVIA SAFITRI.pdf Download (190kB) |
|
|
Text
fulltext NOVIA SAFITRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Taman Pendidikan Al-Qur’an yang mempunyai pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an yang bagus hal ini dibuktikan dengan prestasi yang dimiliki oleh para santri seperti dalam bidang tartil dan MTQ ditingkat kota Bukittinggi. Padahal Sebelum menjadi santri di Taman Pendidikan AlQur’an ini, anak-anak tersebut belum bisa membaca Iqra’, kalaupun ada itu hanya satu atau dua orang. Kemudian anak-anak sudah pandai membaca dan menulis alQur’an dengan baik dan benar, tidak hanya itu saja anak-anak juga mampu mengerjakan sholat beserta bacaannya dan anak-anak bisa patuh terhadap kedua orang tuanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Muthathahirin Baruah. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu prosedur penelitian yang diambil dari data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang yang dapat diamati. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru kelas III sebagai informan kunci, serta satu orang guru kelas II, satu orang guru kelas I dan siswa kelas III yang berjumlah 26 sebagai informan pendukung. Sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang penulis lakukan diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Muthathahirin Baruah adalah dengan mempersiapkan dan membuat perencanan yang baik dan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang ideal, seperti menyiapkan fisik dan mental, menyiapkan kelengkapan alat belajar dan sumber belajar, menyiapkan materi, dan menentukan metode. Kemudian dalam pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas dalam membaca dan menulis al-Qur’an dengan pengenalan huruf-huruf hijaiyah, membaca secara klasikal, membaca secara individu yang dilakukan secara bergiliran, dan memberikan materi pelajaran tambahan. Melakukan evaluasi seperti mencatat materi pelajaran, bergantian untuk membaca al-Qur’an di depan kelas, dan mempraktekkan bunyi bacaan irama tilawah dasar membaca al-Qur’an.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP100-134 Al-Qur'an B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP178 Doa,Sholat L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC251 Pendidikan karakter L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB 1027.8 Teaching (Pengajaran) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 02:04 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 02:04 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1241 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

