Syafina Zahira, 1321059 (2025) Kinerja Dinas Perhubungan Kota Bukittinggi dalam Pelayanan Parkir Ditinjau dari Perspektif Siyasah Tanfidziyah. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Syafina Zahira 1321059 cover.pdf Download (130kB) |
|
|
Text
Syafina Zahira 1321059 abstrak.pdf Download (219kB) |
|
|
Text
Syafina Zahira 1321059 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini ditulis karena adanya kinerja dari Dinas perhubungan bagian UPTD parkir dalam pelayanan terhadap masyarakat. UPTD parkir memiliki tugas dan fungsi yang harus dilaksanakannya. Salah satunya yaitu mengatur tata ruang parkir serta melaksanakan operasional pelayanan terhadap pengendara yang menggunakan jasa parkir. Tata ruang parkir di Kota Bukittinggi masih belum berjalan sempurna dibuktikan dengan masih adanya titik-titik parkir bayangan di badan jalan, sementara itu pada pelaksanaan operasional pelayanan yang dilkukan UPTD parkir melalui juru parkir masih dianggap kurang efisien bagi masyarakat. Berdasarkan hal ini maka penulis ingin mengetahui bagaimana kinerja Dinas Perhubungan Kota Bukitttinggi dalam pelayanan parkir ini, kemudian akan mengkaji kinerja Dinas Perhubungan Kota Bukittinggi dalam pelayanan berdasarkan ketentuan fiqh siyasah tanfidziyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif, dan metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer penelitian ini adalah Kepala UPTD Parkir, Sub bagian tata usaha, juru parkir dan masyarakat yang menggunakan jasa parkir. Sedangkan untuk data sekunder seperti buku-buku, jurnal, dan skripsi yang berkaitan dengan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditemukan bahwa kinerja Dinas Perhubungan dalam pelayanan parkir di Kota Bukittinggi tidak semuanya terlaksana dengan baik, dikarenakan parkir liar tercipta bukan hanya karena kurangnya pengawasan dari UPTD parkir. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya kesadaran dari masyarakat setempat dan juga pengunjung yang datang ke Kota Bukittinggi juga sangat mempengaruhi timbulnya titik-titik parkir bayangan. Selanjutnya sistem pelayanan dalam pembayaran retribusi juga belum terlaksana dengan baik, dikarenakan sistem pembayaran yang menggunakan barcode dianggap kurang efektif, hal ini disebabkan sistem retribusi yang dilaksanakan masih baru dan pelatihan yang diberikan oleh UPTD parkir masih kurang dipahami oleh juru parkir. Dalam tinjauan siyasah tanfidziyah kinerja Dinas Perhubungan dalam pelayanan parkir belum sepenuhnya terlaksana terutama pada prinsip at-taysir (kemudahan), karena penggunaan sistem layanan retribusi masih mempersulit masyarakat pengguna jasa parkir. Dan pada prinsip amanah (tanggung jawab), hal ini disebabkan masih banyaknya muncul titik parkir bayangan di Kota Bukittinggi sehingga tugas UPTD Parkir pada bagian tata ruang belum terlaksana sepenuhnya.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Kinerja Pemerintah, Dinas Perhubungan, Pelayanan Parkir, Perspektif Siyasah Tanfidizyah |
| Subjects: | K Hukum > KBP Hukum Islam > KBP2500 Hukum Tata Negara, Siyasah H Ilmu Sosial > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1 Kesejahteraan masyarakat |
| Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Tatanegara |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 02:59 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 02:59 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1274 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

