Rifani Rizani, 2421076 (2025) Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran ARIAS di Kelas VII MTsS Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Mu'allimin Muhammadiyah Sawah Dangka. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Rifani Rizani 2421076 cover.pdf Download (203kB) |
|
|
Text
Rifani Rizani 2421076 abstrak.pdf Download (327kB) |
|
|
Text
Rifani Rizani 2421076 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsS Mu’allimin Sawah Dangka. Hal ini terlihat dari hasil observasi dan wawancara yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasa bahwa materi pelajaran matematika terlalu banyak rumus dan tidak memiliki keterkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari maupun di masa yang akan mendatang, serta merasa kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Data nilai ujian sumatif menunjukkan bahwa 64,8% siswa belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan model pembelajaran yang lebih inovatif, salah satunya adalah model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfiction) yang dapat membangkitkan kepercayaan diri siswa, meningkatkan relevansi siswa, meningkatkan minat belajar siswa, memperbaiki evaluasi belajar, serta menumbuhkan rasa bangga dan puas dalam diri siswa. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional kelas VII MTsS Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Mu’allimin Muhammadiyah Sawah Dangka. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Mu’allimin Sawah Dangka. Pengambilan sampel ditentukan secara acak, dengan sampel dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran ARIAS dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah angket minat belajar matematika dan tes hasil belajar. Teknik analisis data angket minat belajar dianalisis menggunakan persentase, sedangkan untuk tes hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t Berdasarkan hasil analisis data, dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS minat belajar matematika siswa diperoleh sebesar 84,75% dengan kriteria sangat kuat. Berdasarkan analisis tes hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung=3,976 dan ttabel=1,691, maka thitung>ttabel berarti H0 ditolak. Dengan menggunakan SPSS diperoleh sig=0,000 dengan taraf nyata α=0,05, maka sig<α. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar matematika siswa mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional di kelas VII MTsS Mu’allimin Sawah Dangka.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran ARIAS, Minat Belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika |
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB 1027.8 Teaching (Pengajaran) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 07:01 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 07:01 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1287 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

