Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IX SMP Negeri 1 Bukittinggi

Delilah Hayati, 2421082 (2025) Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IX SMP Negeri 1 Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Delilah Hayati 2421082 cover.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Delilah Hayati 2421082 abstrak.pdf

Download (493kB)
[img] Text
Delilah Hayati 2421082 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar matematika siswa yang dilihat dari rendahnya persentase Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang diduga karena rendahnya kemampuan beprikir kritis matematis siswa. Untuk itu peneliti mencoba melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu apakah terdapat pengaruh signifikan kemampuan berpikir kritis matematis terhadap hasil belajar matematika di kelas IX SMP Negeri 1 Bukittinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas IX SMP Negeri 1 Bukittinggi. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas IX SMP Negeri 1 Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan korelasional. Seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bukittinggi sebanyak 239 siswa dijadikan sebagai populasi penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik Random Sampling dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Sebanyak 36 siswa terpilih sebagai sampel. Data penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan berpikir kritis siswa berupa soal essay dan tes hasil belajar matematika berupa soal pilihan ganda yang akan dianalisis dengan uji regresi. Berdasarkan analisis data didapat nilai korelasinya sebesar 0,754 ini berarti antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar berkorelasi kuat dan positif. Koefisien determinasi sebesar 0,568% yang artinya pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar adalah sebesar 56,80% dan sisanya 43,20% dipengaruhi oleh variabel lain. Analisis regresi data memberikan persamaan regresi Y= 36,166+ 0,615X. Kemudian dilakukan uji kebermaknaan regresi (uji t) diperoleh thitung=6,692 dan ttabel=2,032 sehingga diperoleh thitung>ttabel. Jadi dengan melihat uji kebermaknaan regresi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika di kelas IX SMP Negeri 1 Bukittinggi.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1049-1050.7 Keterampilan Belajar
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 17 Dec 2025 07:13
Last Modified: 17 Dec 2025 07:13
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1288

Actions (login required)

View Item View Item