Pelaksanaan Program Tahfiz Qur’an di Pondok Tahfiz Qur’an Kalampaiyan Nagari Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam

Faradila Novita, 2113174 (2017) Pelaksanaan Program Tahfiz Qur’an di Pondok Tahfiz Qur’an Kalampaiyan Nagari Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover faradila-novita-2113.174-.pdf

Download (172kB)
[img] Text
abstrak faradila-novita-2113.174-.pdf

Download (308kB)
[img] Text
59cce-faradila-novita-2113.174-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah pelaksanaan program tahfiz Qur’an yang kurang maksimal, hal ini dilatar belakangi karena melihat kegiatan tahfiz Qur’an yang seharusnya dilakukan dengan maksimal untuk memperoleh hasil yang diinginkan. Namun dalam kenyataan di lapangan pelaksanaan program tahfiz hanya dilakukan dengan pembelajaran yang tidak formal, tidak semua mu’afiz ( pembina tahfiz) hafiz 30 Juz, dari segi evaluasi hafalan santri masih didominasi oleh evaluasi berupa setoran hafalan biasa saja dan ditambah lagi dengan ketersediaan sarana juga kurang maksimal. Seharusnya memang tahfiz Qur’an ini memang ditingkatkan dalam pelaksanaan pembelajarannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang bersifat kualitatif. Deskriptif kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata- kata tertulis dari orang dan perilaku yang diamati. Sementara teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Kepala Pondok Tahfiz dan Mu’afiz, sedangkan santri adalah informan pendukung. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa: 1) Dari segi perencanaannya Pondok Tahfiz Kalampaiyan menentukkan hal berikut: menentukan jenis kegiatan, menentukan target hafalan, menentukan jumlah atau surat yang akan dihafal dan menentukan metode pembelajaran. 2) Kemudian dalam pelaksanaannya sangat didominasi dengan proses menghafal dan setoran hafalan, 3) Demikian juga untuk evaluasi hafalan juga dilakukan dengan setoran hafalan. Namun mampu menghasilkan hafiz dan hafizah dengan hafalan miniman hampir 1 Juz dan maksimanl 20 Juz. Hal ini dapat dijadikan bukti bahwasanya program tahfiz Qur’an yang dilaksanakan di Pondok Tahfiz Qur’an Kalampaiyan sudah berjalan lancar dan mampu mencapai tujuan. Salah satu hal yang dijadikan tolak ukur keberhasilan dari Pondok Tahfiz Qur’an Kalampaiyan adalah kemauan dari santri itu sendiri.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan
B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP100-134 Al-Qur'an
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB 1027.8 Teaching (Pengajaran)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 18 Dec 2025 02:05
Last Modified: 18 Dec 2025 02:05
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1295

Actions (login required)

View Item View Item