Pelaksanaan Metode Resitasi Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadis Di Kelas XI Madrasah Aliyah Gobah V Surau Tilatang Kamang

Helmi Chandra, 2113146 (2017) Pelaksanaan Metode Resitasi Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadis Di Kelas XI Madrasah Aliyah Gobah V Surau Tilatang Kamang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover FATMA SARI DEWI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
abstrak FATMA SARI DEWI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
fulltext FATMA SARI DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Maksud penelitian ini adalah untuk mengkaji atau mengetahui bagaimana pelaksanaan metode resitasi dalam pembelajaran Al-Quran Hadis di kelas XI Madrasah Aliyah Gobah V Surau Tilatang Kamang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan yang penulis temui di Madrasah khusus kelas XI bahwa guru kurang kreatif dalam menggunakan metode yang ada, terlihat dalam pembelajaran guru menggunakan metode resitasi dalam setiap materi yang ada dalam pembelajaran Al-Quran Hadis dan Dalam pelaksanaan metode resitasi ini, karena tugas yang diberikan kepada siswa itu dikerjakan sendiri-sendiri tanpa dikontrol lansung oleh guru ada diantara siswa yang hanya mengandalkan temannya bahkan ada diantara siswa yang tidak membuat dan mengumpulkan tugas serta dalam pembelajaran siswa terlihat kurang aktif dan kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, penelitian ini dilakukan di kelas XI Madrasah Aliyah Gobah V Surau Tilatang Kamang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini ada dua, yaitu informan kunci dan informan pendukung. Informan kuncinya adalah guru pengampu mata pelajaran Al-Quran Hadis kelas XI Madrasah Aliyah Gobah V Surau, sedangkan informan pendukungnya adalah kepala sekolah dan siswa kelas XI. Dari penelitian yang penulis lakukan dapat diketahui bahwa pelaksanaan metode resitasi dalam pembelajaran Al-Quran Hadis di kelas XI Madrasah Aliyah Gobah V Surau secara umum sudah terlaksana, walaupun masih banyak kekurangan, seperti guru belum sepenuhnya melaksanakan metode resitasi sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan dan guru belum sepenuhnya menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai Panduan atau pedoman dalam pembelajaran serta masih ada diantara siswa yang tidak mengerjakan tugas, meskipun demikian tidak mengurangi tingkat keberhasilan pelaksanaan metode tersebut dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP100-134 Al-Qur'an
B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP135 Literatur Hadis, Tradisi, Sunnah
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB 1027.8 Teaching (Pengajaran)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 18 Dec 2025 02:05
Last Modified: 18 Dec 2025 02:05
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1299

Actions (login required)

View Item View Item