Nurul Makpiroh, 2121208 (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga terhadap Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
NURUL MAKPIROH 2121208 cover.pdf Download (168kB) |
|
|
Text
NURUL MAKPIROH 2121208 abstrak.pdf Download (210kB) |
|
|
Text
NURUL MAKPIROH 2121208 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemui yaitu minat belajar siswa terhadap Sejarah Kebudayaan Islam masih rendah terlihat dari raut wajah saat belajar SKI, siswa kurang fokus pada penjelasan yang diberikan guru, siswa sering mengobrol dengan teman sebangkunya mengenai topik yang tidak terkait dengan materi yang diajarkan guru belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media ular tangga terhadapminat belajar Sejarah Kebudayaan Islam dan mengetahui sebelrapa besar pengaruh media pembelajaran ular tangga terhadap minat belajar SKI siswa di MIN kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode Pre Eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini terdiri atas 2 (dua) variabel yaitu variabel bebas (independence variable) media pembelajaran ular tangga dan variabel terikat (dependent variable) minat belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket minat belajar, yang diisi oleh siswa. Jumlah populasi penelitian ini 90 orang peserta didik dan sampel penelitian ini sebanyak 30 orang peserta didik dengan teknik pengampilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest 67,25 dengan nilai tertinggi 83 dan nilai terendah 47 sedangkan hasil dari nilai rata- rata postes 75, 83 dengan nilai tertinggi 84 dan nilai terendah 65. Hasil uji t dengan Independent sample test dengan bantuan SPSS Versi 26 diperoleh nilai signifikan 0,002 yang berarti < 0,005 sehingga hipotesis Ha diterima dengan kata lain menolak hipotsis Ho. Artinya dengan penerapan media pembelajarn ular tangga terhadap minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa menjadi lebih baik dari pada sebelumnya.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran Ular Tangga, Minat Belar, SKI |
| Subjects: | L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB 1027.8 Teaching (Pengajaran) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 08:32 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 08:32 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1325 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

