Analisis Peranan Account Officer dalam Meminimalisir Pembiayaan Bermasalah di BPRS Haji Miskin Pandai Sikek

Pisal, 3321272 (2025) Analisis Peranan Account Officer dalam Meminimalisir Pembiayaan Bermasalah di BPRS Haji Miskin Pandai Sikek. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Pisal 3321272 cover.pdf

Download (506kB)
[img] Text
Pisal 3321272 abstrak.pdf

Download (598kB)
[img] Text
Pisal 3321272 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Account Officer merupakan ujung tombak dalam menjalankan kegiatan operasional bank yang berperan penting dalam meminimalisir pembiayaan bermasalah. Permasalahan penelitian ini adalah masih tingginya tingkat pembiayaan bermasalah yang dapat mempengaruhi kinerja dan keberlanjutan BPRS. Banyaknya pembiayaan bermasalah yang terjadi disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. faktor internal seperti kurang telitinya analisis pembiayaan dari Account Officer dan faktor eksternal seperti kondisi ekonomi nasabah yang tidak stabil dan juga karekter nasabah yang kurang baik menjadi penyebab utama timbulnya pembiayaan bermasalah. Tetapi setidaknya pencegahan awal dari Account Officer sangat dibutuhkan karena kegiatan analisis pembiayaan dan semua keputusan pembiayaan adalah tanggung jawab dari Account Officer. Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Account Officer dalam meminimalisir pembiayaan bermasalah di BPRS Hjai Miskin Pandai Sikek. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan model field research yang bersifat deskriptif analisis, yaitu mengumpulkan data yang terjadi dilapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dengan pihak BPRS Haji Miskim Pandai Sikek dan dokumentasi yang dilakukan. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Account Officer dalam meminimalisir pembiayaan bermasalah dengan melakukan pengawasan (kunjungan lapangan, Trade Checking, Credit checking) dan pembinaan nasabah. Kemudian peran Account Officer dalam menganalis permohonan pembiayaan dengan melakukan analisis 5C (character, capacity, capital, collateral, dan condition of economy). Meskipun strategi ini efektif dalam menekan angka Non Performing Financing (NPF) dibawah 5%. Namun BPRS Haji Miskin Pandai Sikek juga mengalami kendala seperti sikap nasabah yang kurang responsif terhadap informasi yang disampaikan, jaminan yang tidak memenuhi syarat, kurangnya keterbukaan calon nasabah, penyalahgunaan dana pinjaman untuk keperluan di luar usaha, jarak lokasi nasabah yang jauh, dan sering terjadi ketidaktelitian dalam analisis terutama pada aspek karakter nasabah.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Account Officer, Pengawasan, Pembinaan, Prinsip 5C
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP173.75 Ekonomi Islam
H Ilmu Sosial > HG Keuangan > HG368 Kredit, Utang, Pinjaman
K Hukum > KBP Hukum Islam > KBP639 Muamalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 24 Dec 2025 04:52
Last Modified: 24 Dec 2025 04:52
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1345

Actions (login required)

View Item View Item