Pengaruh Penerapan Literasi Digital terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa di SMK Gajah Tongga Bukittinggi

Ibrahim Nahif, 2515115 (2019) Pengaruh Penerapan Literasi Digital terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa di SMK Gajah Tongga Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
60966-17.ibrahim-hanif-2515115 cover.pdf

Download (91kB)
[img] Text
60966-17.ibrahim-hanif-2515115 abstrak.pdf

Download (145kB)
[img] Text
60966-17.ibrahim-hanif-2515115 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang cepat hingga merambah ke dunia pendidikan salah satunya adalah internet. Internet menyediakan fasilitas bagi sekolah, guru bahkan siswa dalam perkembangannya, bagi guru dan siswa salah satu fasilitas yang ada pada internet yaitu sumber-sumber informasi atau referensi dalam bentuk digital. Namun demikian, bagi siswa internet bukanlah suatu hal yang dapat dikuasai dengan mudah, dalam hal ini membutuhkan kemampuan yang disebut literasi digital. Mulai dari penggunaan perangkat – perangkat digital elektronik hingga pencarian informasi dan sumber – sumber yang valid, sesuai dan terpercaya. SMK Gajah Tongga Bukittinggi adalah salah satu sekolah yang menerapkan literasi digital, dengan memfasilitasi guru dan siswa diharapkan dapat meningkatnya pembelajaran bagi siswa baik itu secara afektif, kognitif dan psikomotorik. Hipotesis dalam penelitian ini adalah besarnya pengaruh penerapan literasi digital terhadap peningkatan pembelajaran siswa di SMK Gajah Tongga Bukittinggi Bukittinggi. Rancangan penelitian yaitu metode Kuantitatif Deskriptif dengan pendekatan Regresi Linear Sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Gajah Tongga Bukittinggi yang berjumlah 206 siswa, Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik puposive sampling dengan rumus Slovin sehingga didapatkan sampel 67 siswa. Dengan apalikasi bantu yaitu IBM SPSS, dari analisis regresi linear sederhana didapatkan nilai koefisien korelasi 0,669 yang berarti adanya pengaruh yang kuat dari penerapan literasi digital terhadap peningkatan pembelajaran siswa di SMK Gajah Tongga Bukittinggi. Pada hasil pengujian hipotesis yaitu dengan membandingkan nilai Fhitung dengan nilai Ftabel yang dapat dilihat pada nilai F simultan dengan menghitung nilai df sebesar 65 pada taraf signifikan 5% diperoleh Ftabel sebesar 3.99 dan Fhitung > Ftabel maka hipotesis alternatif diterima sedangkan hipotesis null ditolak. Maka dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan literasi digital terhadap peningkatan pembelajaran siswa. Pada hasi uji koefisiensi determinasi (R2) di SMK Gajah Tongga Bukittinggi menunjukkan bahwa nilai R2 sebesar 0,448 yang menunjukkan bahwa terdapat 44% kontribusi penerapan literasi digital terhadap peningkatan pembelajaran siswa dan sisanya 56% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dan hasil yang diperoleh melalui uji regresi linear sederhana juga menunjukkan pengaruh yang signifikan pada penerapan literasi digital berpengaruh positif terhadap peningkatan pembelajaran siswa disekolah, dimana hasil pengujian regresi mencapai 690.909 dengan nilai thitung 6.261.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Literasi Digital, Peningkatan Pembelajaran Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:07
Last Modified: 15 Jul 2025 07:07
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item View Item