Pengembangan Aplikasi E-Learning pada Mata Pelajaran Kimia di SMA N 1 Kec. Akabiluru 50 Kota

Jeni Alisa Putri, 2515106 (2019) Pengembangan Aplikasi E-Learning pada Mata Pelajaran Kimia di SMA N 1 Kec. Akabiluru 50 Kota. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
004d3-9.jeni-alisa-putri-2515106-cover.pdf

Download (11kB)
[img] Text
004d3-9.jeni-alisa-putri-2515106-abstrak.pdf

Download (448kB)
[img] Text
004d3-9.jeni-alisa-putri-2515106-full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang berkembangbegitu cepat perlu diimbangi dengan kemampuan beradaptasi dengan teknologitersebut. SMA N 1 Kec. Akabiluru merupakan sekolah yang sudah menggunakan teknologi informasi yang berkembang saat ini. SMA N 1 Kec. Akabiluru memiliki 2 jurusan, yaitu jurusan IPA dan IPS. Di dalam kegiatan pembelajaran dalam menyampaikan materi masih menggunakan cara lama atau konvesional. Sehingga mengakibatkan kesulitan bagi guru maupun siswa dalam melakukan proses pembelajaran secara efektif. Untuk meningkatkan dan memudahkan dalam proses pembelajaran agar efektif dan efesien maka diusulkan sebuah aplikasi yang dapat membantu dalam prose pembelajaran yaitu aplikasi e-learning. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalh jenis RnD, penelitian dan pengembangan (research and development) versi ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Model pengembangan sistem yang digunakan adalah model Waterfall dengan lima tahap yaitu, Definisi persyaratan, Perancangan sistem dan perangkat lunak, Implementasi dan pengujian unit, Integrasi dan pengujian sistem, Operasi dan pemeliharaan. Uji produk yang digunakan yaitu Uji Validitas, Uji Praktikalitas, Uji Efektifitas. Hasil dari penelitian perancangan pengembangan Aplikasi e-learning yang dapat digunakan oleh admin, dengan user (Guru Dan Siswa). Sedangkan uji validitas, dari 4 orang validitas diperoleh nilai 0,79 yang dinyatakan Valid (berdasarkan perhitungan validitas dengan format aiken‟s), sedangkan uji praktikalitas dari 3 orang praktikalitas diperoleh nilai 92 yang dinyatakan Sangat praktis, dan untuk uji efektifitas dari 10 orang siswa diperoleh nilai 0,83 yang dinyatakan Efektifitas tinggi.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: E-Learning, Waterfall, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:38
Last Modified: 15 Jul 2025 07:38
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item View Item