Meutia Iliani Putri, 2114016 (2018) Kerjasama Guru Pendidikan Agama Islam dan Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik Kelas XII IPS Di SMA Negeri 1 Bonjol Kabupaten Pasaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover meutia.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
abstrak meutia.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
fulltext meutia.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini disusun oleh: Meutia Iliani Putri Nim 2114.016 dengan judul: “Kerjasama Guru Pendidikan Agama Islam Dan Orang Tua Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik Kelas XII IPS Di SMA N 1 Bonjol”. Pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi. Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang menganggap remeh pelajaran PAI dan menganggap pelajaran PAI membosankan serta laporan orang tua atau wali bahwa anaknya susah diatur baik dari segi sikap, ibadah, dan lain-lain. Orang tua peserta didik ini diikutsertakan dalam kegiatan pembinaan akhlak agar orang tua tahu kegiatan anaknya di sekolah. Karena itu penulis merasa perlu untuk mengkaji, bagaimana kerjasama dan kendala yang dihadapi oleh orang tua dan guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik kelas XII IPS di SMA N 1 Bonjol? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh data tentang bentuk kerjasama guru PAI dan orang tua, dan strategi yang digunakan Guru PAI dan Orang tua dalam pembinaan akhlak yang dilakukan oleh sekolah SMA N 1 Bonjol. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research) deskriptif kualitatif yakni penelitian yang dilakukan dengan mengambarkan keadaan objek pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya. Adapun sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, khususnya adalah pembina kegiatan Rohis, koordinator keagamaan yang ikut mengelola kegiatan pembinaan akhlak ini dan peserta didik yang mengikuti kegiatan pembinaan akhlak di SMA N 1 Bonjol. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara. Sedangkan teknik pengolahan dan analisis data yang penulis gunakan adalah mereduksi data, menyajikan data, dan kemudian melakukan verifikasi serta menarik kesimpulan. Menguji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi data yaitu membandingkan hasil data observasi dan hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan di SMA N 1 Bonjol diketahui bahwa kerjasama guru PAI dan orang tua dalam pembinaan akhlak ini direncanakan oleh kepala sekolah, wakil dan majlis guru, kemudian kepala sekolah memberikan wewenang kepada guru khususnya guru pendidikan agama Islam, sebagai pembina dari kegiatan pembinaan akhlak dan rohis, dalam wewenang ini kepala sekolah tidak menuliskan tujuannya tapi hanya dari lisan saja, sehingga pelaksanaan pembinaan akhlak ini kurang efektif karena kurang adanya perhatian dari guru-guru lain, dan kegiatan ini kurang didukung oleh orang tua/ wali peserta didik, ada juga orang tua yang mendukung tapi hanya sebagian kecil yang paham persoalan pendidikan dan akhlak pada era teknologi yang canggih ini. Kesimpulan dari hasil penelitian ini masih ada orang tua yang belum paham tentang pendidikan khususnya pembinaan akhlak yang sangat berguna bagi masa depan anaknya, dimanapun anaknya berada nanti.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Kerjasama, Guru PAI dan Orang Tua, Pembinaan Akhlak. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:03 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 07:03 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |