Hubungan Nilai Mata Kuliah Pengelolaan Kelas dengan Kemampuan Mengelola Kelas dalam Mata Kuliah Micro Teaching pada Mahasiswa Angkatan Tahun 2015 Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Bukittinggi

Wilda Zaberni, 2114062 (2018) Hubungan Nilai Mata Kuliah Pengelolaan Kelas dengan Kemampuan Mengelola Kelas dalam Mata Kuliah Micro Teaching pada Mahasiswa Angkatan Tahun 2015 Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover.pdf

Download (100kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (153kB)
[img] Text
fulltext wilda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Nama WILDA ZABERNI, BP 2114. Skripsi ini berjudul “ HUBUNGAN NILAI MATA KULIAH PENGELOLAAN KELAS DENGAN KEMAMPUAN MENGELOLA KELAS DALAM MATA KULIAH MICRO TEACHING PADA MAHASISWA ANGKATAN TAHUN 2015 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) IAIN BUKITTINGGI”. Maksud judul ini adalah bagaimana bentuk hubungan nilai mata kuliah pengelolaan kelas dengan kemampuan mahasiswa dalam mengelolaa kelas di mata kuliah micro teaching. Pengelolaan kelas dan micro teaching merupakan salah satu mata kuliah pokok di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan terutama pada program studi PAI IAIN Bukittinggi. Keduanya saling berkaitan satu sama lain, pengelolaan kelas menunjukkan bagaimana seorang guru itu dapat menghendel atau menyesuaikan situasi dan kondisi kelasnya. Sedangkan dengan cara mempelajari mata kuliah pengelolaan kelas dapat memudahkan mahasiswa dalam mengelola kelas pada mata kuliah micro teaching (mempraktekkannya) dan berguna untuk seorang guru dalam mengelola kelasnya. Sehubungan dengan itu yang menjadi permasalahan dalam penulisan skripsi ini yaitu seberapa besar hubungan antara nilai mata kuliah pengelolaan kelas dengan kemampuan mahasiswa tersebut dalam mengelola kelas di mata kuliah micro teaching pada mahasiswa program studi PAI angkatan tahun 2015 IAIN Bukittinggi. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui nilai pengelolaan kelas, untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam mengelola kelas di mata kuliah micro teaching dan untuk mengetahui hubungan nilai mata kuliah pengelolaan kelas dengan kemampuan mahasiswa dalam mengelola kelas di mata kuliah micro teaching pada mahasiswa program studi PAI angkatan tahun 2015 IAIN Bukittinggi. Data ini dikumpulkan melalui teknik dokumentasi dan obsevasi lapangan (lembaran observasi). Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa program studi PAI angkatan tahun 2015 IAIN Bukittinggi yang berjumlah 211 orang dan sampel dari penelitian ini diambil 25% dari jumlah populasi (211 orang) yaitu 53 orang. Jenis penelitian ini yaitu korelasional atau hubungan timbal balik, dengan metode kuantitatif korelasional. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa antara nilai mata kuliah pengelolaan kelas dengan kemampuan mahasiswa dalam mengelola kelas pada mata kuliah micro teaching memiliki hubungan, walaupun hanya memiliki korelasi yang lemah atau rendah yaitu 0,28 yang terletak antara 0,20-0,40 pada “r” product moment. Hal ini dapat dilihat setelah penulis mendapatkan kedua variabel dan menguji data tersebut dengan menggunakan tabulasi atau tally, uji normalitas, uji rumus product moment dan interpretasi data serta kesimpulan. Dapat disimpulkan bahwa nilai mata kuliah pengelolaan kelas dengan kemampuan mahasiswa dalam mengelola kelas di mata kuliah micro teaching mempunyai hubungan atau korelasi yang positif karena lebih besar dari “r” tabel > (0,28 > 0,266) pada taraf signifikan 5%

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:04
Last Modified: 15 Jul 2025 07:04
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item View Item