Lidia Witri, 2114243 (2018) Peran Guru Agama Dalam Membentuk Emosional Siswa Di SD 03 Geragahan Kec Lubuk Basung Kab. Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover lidia.pdf Download (603kB) |
![]() |
Text
abstrak lidia.pdf Download (606kB) |
![]() |
Text
958ee-lidia.pdf Restricted to Repository staff only Download (829kB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini atas nama LIDIA WITRI, NIM 2114243Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi 2018. berjudul“PERAN GURU AGAMA DALAM MEMBENTUK EMOSIONAL SISWA DI SDN 03 GERAGAHAN”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti di SDN 03 Geragahan. Peneliti mengamati adanya beberapa perilaku siswa SD yang tidak sesuai dengan norma danakhlak yang baik. Misalnya siswa sering melawankepada orang tua, siswa bermalas-malasan ketika disuruh gurushalat berjamaah kemesjid, siswa sering membanting pintu dan merusak fasilitas sekolah, dan siswa sering berkata-kata kotorsesama temannya dan siswa selalu mendongkol dan tidak acuh ketika diberi tugas oleh guru. Berdasarkan pengamatan yang telah peneliti lakukan maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai peran guru agama dalam membentuk emosional siswa SDN 03 Geragahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru agama dalam membentuk emosional siswa SDN 03 Geragahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan(fieldresearch) dengan jenis pendekatan kualitatif (kualitative research) yaitu penelitian mendeskripsikan dan menganalisis fenomena peristiwa. Pengolahan data dilakukan dengan cara penyelesaian jawaban informan yang sesuai dengan hal-hal yang peneliti teliti. Adapun yang menjadi informan kunci dalam penelitianini adalah 1orang guru agama dan yang menjadi informan pendukung adalah siswa kelas IV SDN 03 Geragahan. Teknik pengumpulan data yaitusecara observasi dan wawancara. Untuk mengukurkeabsahan data digunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa peran guru agama dalam membentuk emosional siswa belum terlaksana sepenuhnya.di karenakan guru agama membimbing siswa dalam melaksanakan shalat berjamaah guru agama kadang-kadang tidak melaksanakanya dan guruguru lain tidak melaksankan shalat berjamaah, guru agama sebagai penasehat guru agama hanya memberi nasehat ketika siswa bermasalah , dalam guru agama sebagai model dan teladan, guru- guru lain berkata-kata kasar dalam menegur siswa.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:18 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 07:18 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |