Peran Guru Mata Pelajaran Tahfizh Dalam Meningkatkan Motivasi Tahfizh Al-Qur’an Siswa Di MTI Bayur

Wika Zamzami, 2114066 (2018) Peran Guru Mata Pelajaran Tahfizh Dalam Meningkatkan Motivasi Tahfizh Al-Qur’an Siswa Di MTI Bayur. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-wika-zamzami.pdf

Download (149kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (312kB)
[img] Text
ba3d1-skripsi-wika-zamzami.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi atas namaWIKA ZAMZAMI, Nim : 2114.066, dengan judul : “ Peran Guru Mata Pelajaran Tahfizh Dalam Meningkatkan Motivasi Tahfizh Al-Qur’an Siswa Di MTI Bayur “, yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru guru mata pelajaran tahfizh dalam meningkatkan motivasi tahfizh al-Qur’an siswa di MTI Bayur. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di MTI Bayur. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan bahwa satu tahun yang lalu motivasi siswa kurangdalam menghafal al-Qur’an, dapat dilihat dari pembelajaran tahfizh siswa sedikit yang menyetor hafalan serta beberapa siswa yang hafal juz 30 padahal pihak sekolah telah membuat kebijakan bahwa siswa harus hafal juz 30. Namun, saat ini siswa sudah banyak hafal al-Qur’an, mereka sudah hafal 3 juz dan dibuktikan dengan nilai tahfizh yang meningkat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peran Guru Mata Pelajaran Tahfizh dalam Meningkatkan Motivasi Tahfizh Al-Qur’an Siswa di MTI Bayur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Mata Pelajaran Tahfizh dalam Meningkatkan Motivasi Tahfizh Al-Qur’an Siswa di MTI Bayur. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( field research ) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang menggambarkan keadaan yang terjadi di lapangan secara sistematis. Penelitian ini menggambarkan bagaimana Peran Guru Mata Pelajaran Tahfizh dalam Meningkatkan Motivasi Tahfizh al-Qur’an Siswa di MTI Bayur. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan wawancara. Infomannya yaitu Guru Tahfizh kelas XI sebagai informan kunci dan Siswa sebagai informan pendukung. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa guru telah menjalankan tugasnya sebagai motivator yaitu dengan memberikan motivasi seperti memberi angka/nilai, member hadiah, kompetisi, ego-involvement, memberi ulangan, mengetahui hasil, memberikan pujian, member hukuman, menumbuhkan hasrat untuk belajar dan menumbuhkan minat.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:26
Last Modified: 15 Jul 2025 08:26
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item