Wike Yunia Welda, 2114217 (2018) Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Santri Dalam Pembelajaran Kitab Fikih Di Pondok Pesantren Madinatul Munawwarah Kec. Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover wike.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
abstrak wike.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
fulltext wike yunia welda.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini disusun oleh WIKE YUNIA WELDA, NIM 2114217 dengan judul “PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SANTRI DALAM PEMBELAJARAN KITAB FIKIH DI PONDOK PESANTREN MADINATUL MUNAWWARAH KEC. MANDIANGIN KOTO SELAYAN KOTA BUKITTINGGI ” Maksud dari judul penelitian ini adalah penulis ingin mengetaui bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan hasil belajar santri dalam pembelajaran fikih kitab. Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis membahas peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan hasil belajar santri dalam pembelajaran kitab fikih di Pondok Pesantren Madinatul Munawwarah Kota Bukittinggi. Adapun yang menjadi permasalahanya adalah Banyaknya diantara santri yang kurang paham membaca kitab gudul terutama Kitab Fiqih, santri suka membolos ketika mulai proses pembelajaran, kurang memperhatikan guru dalam mengajar, tidur, bermain dengan sesama teman ketika proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini penulis menggunakan penelitian lapangan ( Field Research ) yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan lokasi di Pesantren Madinatul Munawwarah Kec. Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Adapun metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan informan kunci dalam penelitian ini adalah Guru Kitab Fiqih dan informan pendukung adalah santriwan dan santriwati. Selanjutnya teknis analisis data adalah reduksi data ( merangkum ), display data ( memaparkan dan menyajikan data dalam bentuk uraian singkat ), dan verifikasi data ( proses penarikan kesimpulan dari data yang telah diperoleh tentang masalah yang telah di teliti ).Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan hasil belajar santri berupa Reward, Evaluasi test, latihan dan nilai, menggunakan metode yang bervariasi, menciptakan kelas yang menyenangkan dengan niat yang tulus. Hasil penelitian peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan hasil belajar santri dalam pembelajarn fikih kitab di Pondok Pesantren Madinatul Munawwarah menunjukan bahwa peran guru sebagi motivator dalam pembelajaran fikih kitab sangat penting dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa, indikator dan motif-motif motivasi yang di berikan guru kepada peserta didik.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 08:26 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 08:26 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/150 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |