Halimatul Sa'adiah, 2114215 (2018) Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 3 Padang Panjang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
29caa-skripsi-halimatul-sa-adiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Metode pembelajaran merupakan factor yang sangat mempengaruhi hasil belajar siswa, yaitu ketika guru hanya menggunakan satu metode atau metode ceramah saja maka siswa akan bosan dalam belajar terutama pada pelajaran SKI. Untuk menyikapi hal tersebut Guru dapat menggunakan metode sosiodrama. Karena bisa menambah semangat belajar siswa dengan bermain peran didepan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 3 Padang Panjang Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk Quasy experimental dengan desain penelitian randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X MAN 3 Padang Panjang dengan jumlah siswa 90 siswa. Sebagai sampel penelitian dipilih 2 kelas dengan teknik random sampling. Data diperoleh berdasarkan tes hasil belajar, kemudian data tersebut di analisis dengan menggunakan t-tes. Dari hasil penelitian nilai rata-rata kelas eksperimen 76,50 dan rata-rata nilai kelas kontrol 65,67. Hasil uji t diperoleh thitung yaitu 3,36. Bila dibandingkan dengan ttabel yaitu 1,67 maka thitung > ttabel adalah 3,36 > 1,67. Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan dapat diterima dengan taraf nyata 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode sosiodrama berpengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar SKI siswa kelas X MAN 3 Padang Panjang.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh, Metode; Sosiodrama, Hasil Belajar, SKI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 08:50 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 08:50 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/161 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |