Perbandingan Hasil Belajar PAI Dengan Mengunakan Strategi Critical Incient & Strategi Konvensional Di Kelas XI SMK Negeri 4 Payakumbuh

Jaeng Sari, 2114091 (2018) Perbandingan Hasil Belajar PAI Dengan Mengunakan Strategi Critical Incient & Strategi Konvensional Di Kelas XI SMK Negeri 4 Payakumbuh. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover.pdf

Download (26kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (79kB)
[img] Text
8e66d-skripsi-jaeng-sari-2114.091-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pendidikan agama islam (PAI) siswa kelas XI TKJ2 SMK N 4 Payakumbuh. Hal ini terlihat dari nilai ulangan MID semester siswa masih ada yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan oleh sekolah. Diantara penyebabnya adalah strategi yang digunakan oleh guru masih berupa pembelajaran konvensional. Dimana guru menjadi satu – satunya sumber belajar dan siswa hanya mengikuti instruksi dari guru tersebut. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam (PAI) siswa tentang penyelengaraan jenazah adalah dengan menggunakan strategi critical incident ( pengalaman penting) lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sedangkan hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar PAI siswa yang menggunakan strategi critical incident lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang kuantitatif yang bersifat eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMK N 4 Payakumbuh tahun pelajaran 2017 / 2018 yang terdiri dari 7 lokal dan diambil 2 lokal dengan menggunakan teknik porpose sampling untuk dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas XI TKJ2 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 31 siswa dan XI TKJ1 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 32 siswa Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 25 butir yang telah diuji cobakan. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari uji t dengan menggunakan data nilai akhir siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil tes akhir siswa dengan menggunakan strategi critical incident (91.70) lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional (82.60). Setelah dilakukan uji t pada taraf siginifikan 0,05, didapat thitung= 3,8 dan ttabel = 1,67 (thitung > ttabel) maka hipotesis diterima. Dari analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan yang signifikan antara pembelajaran menggunakan strategi critical incident dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMK N 4 Payakumbuh.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 16 Jul 2025 08:50
Last Modified: 16 Jul 2025 08:50
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/162

Actions (login required)

View Item View Item