Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP N 8 Bukitinggi.

Rindang Lestari, 2114007 (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP N 8 Bukitinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover.pdf

Download (62kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (87kB)
[img] Text
1e9ff-skrispi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran di kelas VIII SMP N 8 Bukittinggi yang masih sering bersifat teacher centered, sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu penulis ingin meningkatkan hasil belajar siswa dalam penelitian ini melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw karena strategi ini dapat membuat siswa aktif dan menguasai materi pelajaran, sehingga hasil belajar siswa bisa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 8 Bukittinggi. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian Pra-eksperimen dengan rancangan penelitian dua kelompok, satu diantaranya menerima perlakuan yang disebut dengan kelompok eksperimen, kelompok lain tidak menerima perlakuan yang dikenal juga dengan kelompok control. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 8 Bukittinggi tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan random sampling, sampel yang penulis teliti adalah kelas VIII4 dan VIII5. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan tes hasil belajar ranah kognitif berupa tes essay. Untuk memperoleh hasil belajar setelah mengikuti strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, penulis memberikan tes esaay yang sama kepada masing- masing siswa termasuk dalam kelompok eksperimen dan control. Setelah dilakukan penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar dengan strategi kooperatif tipe Jigsaw 74% sementara hasil belajar pada kelas control 69% jadi terdapat 5% pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: strategi kooperatif tipe Jigsaw, hasil belajar dan Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 16 Jul 2025 08:51
Last Modified: 16 Jul 2025 08:51
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item View Item