Elfa Yenti, 2615023 (2019) Etika Komunikasi Siswa Tinggal Kelas di SMPN 5 Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
bf50d-2.elfa-yenti cover.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
bf50d-2.elfa-yenti abstrak.pdf Download (642kB) |
![]() |
Text
bf50d-2.elfa-yenti full.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan yang terjadi di SMPN 5 Bukittinggi, adanya ditemukan siswa yang berkomuknikasimasih masih belum sesuai dengan dengan etika berkomunikasi yang seharusnya. Dalam berkomunikasi baik dengan guru, sesama siswa dan personil sekolah lainnya. Adapun yang menjadi latar belakang penulis melakukan penelitian ini adalah di indikasi 6 orang siswa tinggal kelas memiliki komunikasi yang kurang sopan dengan guru dan teman, perilaku tersebut terlihat dari komuniksi verbal maupun nonverbal siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Etika komunikasi siswa diSMPN 5 Bukittinggi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitif yaitu metode yang menggambarkan keadaan yang terjadi dilapangan dalam bentuk kata-kata atau tidak dalam bentuk angka. Penelitian ini merupakan salah satu penelitian lapangan(field research). Yitu menggambarkan kejadian-kejadian yang terjadi dialapangan, yang bertujuan untuk mengetahui kkomunikasi siswa tinggal kelas. Adapun yang menjadi informan kunci adalah 6 orang siswa tinggal kelas serta informan pendukung yaitu 3 orang wali kelas dan 2 orang guru mata pelajaran. Peneltian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara dan dokumnetasi. Serta penelitian ini menggunakan teknik pengolahan data menggunakan analisi deskriptif kualitatif dan teknik mengujikeabsahan data dengan tringulasi data. Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan maka dapat disimpulkan bahwa etika komunikasi siswa tinggal kelas dapat dilihat dalam bentuk komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Komunikasi verbal dalam bentuk kata-kata seprti bertanya kepada guru dan teman dengan bahsa yang kurang sopan (bicara asl-aslan kepada guru dan teman, bertanya kepada guru dengan tutur kata yang tidak sopan, menyampaikan pendapat dengan asl-aslan, dan egois dalam berpendapat),suka menyela pembicaraan teman , suka memerintah teman dan merasa paling berani ketika tersinggu oleh lawan bicara dikelas, suka memberi sebuta kepada teman yang kurang dia sukai serta menggunakan suara yang tinggi ketika berbicara dengan lawan jenis. Adapun dalam komunikasi nonverbal yaitu dalam bentuk isyarat seperti kontak mata (kurang memperhatikan guru didepan kelas), raut muka (kurang bersemangat,muka masam, dan malas) dan sikap tubuh (suka berlalu laang didepan kelas, sering keluar masuk, tidak nyaman di tempat duduk)
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 08:15 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 08:15 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/169 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |