Motivasi Belajar Mahasiswa PAI dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab di IAIN Bukittinggi (Studi Kasus Mahasiswa PAI Angkatan 2014 Tamatan SMA dan SMK)

Tiara Adyka Murni, 2114008 (2018) Motivasi Belajar Mahasiswa PAI dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab di IAIN Bukittinggi (Studi Kasus Mahasiswa PAI Angkatan 2014 Tamatan SMA dan SMK). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover.pdf

Download (79kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (145kB)
[img] Text
fulltext tiara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB) | Request a copy

Abstract

Adapun latar belakang penulis melakukan penelitian ini karena adanya fenomena yang terjadi di IAIN Bukittinggi yaitu pada tahun 2014 banyak mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan dari SMA dan SMK memasuki kuliah di IAIN Bukittinggi dengan mengambil jurusan PAI, sebagaimana yang kita ketahui bahwa jurusan PAI merupakan jurusan yang terdiri dari mata kuliah yang banyak berkaitan dengan Al- Qur?an dan sunnah dan tentunya berbahasa Arab, untuk itu memahami bahasa Arab merupakan suatu hal yang penting di jurusan PAI, sementaradi sekolah umum jumlah jam pelajaran agama Islam hanya 1 jam dalam 1 minggudan tidak terdapat mata pelajaran bahasa Arab untuk itu ketika memasuki jurusan PAI mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan umum tersebut harus mempelajari pembelajaran bahasa Arab yang merupakan pembelajaran wajib di jurusan PAI, sehingga ketika melakukan pembelajaran bahasa Arab banyak mahasiswa tamatan umum yang mengalami kesulitan. Dan tidak sedikit dari mahasiswa PAI yang berasal dari jurusan umum mendapatkan nilai yang kurang memuaskan dalam pembelajaran bahasa Arab.Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar mahasiswa PAI dalam mata pelajaran bahasa Arab di IAIN Bukittinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar mahasiswa PAI dalam mata pelajaran bahasa Arab di IAIN Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu mengambarkan kejadian-kejadian yang terdapat di lapangan dengan apa adanya, pengumpulan data penulis lakukan dengan observasi dan wawancara. Informan penelitian terdiri dari Informan kunci yaitu mahasiswa PAI angkatan 2014 yang berasal dari SMA dan SMK sedangkan yang menjadi informan pendukung adalah dosen bahasa Arab. Adapun teknik pengujian data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik keabsahan data. Hasil penelitian yang dilakukan dapat digambarkan bahwa motivasi belajar mahasiswa tamatan SMA dan SMK angkatan 2014 di jurusan PAI boleh dikatakan lumayan antusias dalam artian memiliki semangat untuk lebih memperdalam ilmu keagamaan walaupun berasal dari SMA dan SMK sehingga lumayan mampu dalam mengimbangi mahasiswa dari sekolah agama. Bentukbentuk motivasi belajar dengan cara pemberian angka, hadiah, kompetisim, ulangan, mengetahui hasil,hukuman,hasrat untuk belajar dan tujuan yang diakui telah di buktikan ampuh dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa PAI angkatan 2014 dengan latar belakang pendidikan dari SMA dan SMK dalam pembelajaran bahasa Arab. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar antara lain faktor internal yang terdiri dari minat, emosi, dan intelegensi, faktor eksternal yang terdiri dari faktor lingkungan keluarga, dan faktor lingkungan sekolah dan faktor pendekatan belajar.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PJ Semitic
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 16 Jul 2025 08:51
Last Modified: 16 Jul 2025 08:51
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item