Zulfadhly, 2114089 (2018) Kerja Sama Guru TPA dengan Orang Tua dalam Mendidik Cara Membaca Al-Qur’an Anak di TPA Nurul Iman Gunung Rajo. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover zulfadhly.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
abstrak zulfadhly.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
e9c28-zulfadhly-2114089-copy.pdf Restricted to Repository staff only Download (972kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kerjasama guru TPA dengan orang tua belum terlaksana dengan baik, seperti kurangnya kesadaran orang tua dalam mendidik bacaan Al-Qu’an anak, kurang terjalinnya kerja sama antara orang tua dan guru TPA, tujuan pendidikan di TPA untuk cara membaca Al-Qur’an anak belum tercapai, kurangnya fariasi dalam penggunaan metode pembelajaran yang dari guru TPA. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerja sama orang tua dan guru TPA dalam mendidik bacaan Al-Qur’an anak, yang terdiri dari : Bentuk-bentuk Kerja Sama guru TPA dengan orang tua dalam mendidik cara membaca Al-Qur’an anak di TPA Nurul Iman Gunung Rajo. Apa saja tugas, tanggung jawab, dan peran guru dalam mendidik bacaan Al-Qur’an anak di TPA Nurul Ian Gunung Rajo. Bagai mana tugas dan tanggung jawab orang tua dalam mendidikbacaan Al-Qur’an anak di TPA Nurul Iman Gunung Rajo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu menggambarkan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi dengan menggunakan data kualitatif sebagaimana adanya. Informen peneliti adalah guru, orang tua wali murid TPA Nurul Iman Gunung Rajo dalam mendidik cara membaca Al-Qur’an anak di Jorong Gunung Rajo Utara, dengan demikian peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan tentang bentuk-bentuk Kerja Sama Orang Tua dan Guru TPA Nurul Iman Gunung Rajo dalam Mendidik Cara Membaca Al-Qu’an Anak yang terdiri dari: Kerukunan yang mencakup gotong royong, Adanya bantu membantu antara orang tua dengan guru TPA, Guru meminta pendapat kepada orang tua, guna untuk kemajuan TPA. Tugas, Tanggung Jawab,dan Peran Guru dalam Mendidik Cara Membaca Al-Qur’an Anak di TPA Nurul Iman Gunung Rajo yang terdiri dari: Guru memiliki kegiatan pengelolaan pembelajaran dan penyusunan tata tertib TPA, Guru memiliki kegiatan pengelolaan pembelajaran dan penyusunan tata tertib TPA, Guru membimbing kegiatan belajar peserta didik sesuai dengan tujuan yang di citacitakan, Guru sebagai penengah dalam kegiatan belajar mengajar, Guru menilai prestasi anak dalam proses pembelajaran. Tugas, dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Mendidik Cara Membaca Al-Qur’an Anak di TPA Nurul Iman Gunung Rajo yang terdiri dari: Orang tua memberika belajar tambahan bacaan Al-Qur’an kepada anak, Orang tau melatih anak dirumah, guna untuk memperlancar bacaan Al-Qur’an anak.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Kerja Sama dan Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:54 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:54 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/186 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |