Wino Febrian, 2114098 (2018) Pelaksanaan Metode Pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Al-Qur’an Sumur Belimbing Nagari Salayo kecamatan kubung Kabupaten Solok. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover wino.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
abstrak wino.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
8b69a-wino-febrian-2114.098-.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah yang paling utama dalam penelitian ini adalah pelaksanaan metode pembelajaran Al-Qur’an di Pondok AL-Qur’an Sumur Belimbing Nagari Salayo, Kec. Kubung, Kab. Solok kurang menarik, sehingga masih banyak siswa membaca Al-Qur’an tidak sesuai dengan kaidah Tajawid, tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Al-Qur’an Sumur Belimbing Nagari Salayo, sedangkan kegunaan bagi peneliti adalah sebagai sumbangan pemikiran penulis dalam rangka mengembangkan ilmu tentang metode pembelajaran Al-Qur’an. Disamping itu sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana strata satu (S1), di bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode yang penulis gunakan yaitu metode deskriptif, penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik pengolahan data yaitu secara kualitatif menggunakan secara tertulis tanpa menggunakan angka-angka, tekni analisis menguraiakan kenyataan pelaksanaan metode pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Al-Qur’an Sumur Belimbing Nagari Salayo, sedangkan teknik keabsahan data yaitu teknik triangulasi data wawancara dibandingkan dengan data pengamatan sampai jawaban memiliki kesamaan. Hasil penelitian dalam pelaksanaan metode pembelajaran Al-Qur’an Sumur Belimbing Nagari Salayo, pelaksanaan metode yang dilakukan sudah berjalan dengan baik dan juga bervariatif, diantaranya Al-Baghdady dan Jibril. Dan juga guru melakukan persiapan, motivasi, alat media, merumuskan tujuan, dan evaluasi. Kemudian Kendala dalam pelaksanaan metode pembelajaran AlQur’an seperti sikap peserta didik yang tidak menyimak, dan sering berbicara dengan teman sebelah, dengan demikian peserta didik juga mengalami kesalahan dalam membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Pelaksanaan, Metode Pembelajaran, Al-Qur’an. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:54 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:54 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/189 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |