Usaha GuruPendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Peserta Didik Yang Slow Learner di SMPN 3Bukittinggi

Ayu Pratiwi, 2114041 (2018) Usaha GuruPendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Peserta Didik Yang Slow Learner di SMPN 3Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover ayu.pdf

Download (15kB)
[img] Text
abstrak ayu.pdf

Download (140kB)
[img] Text
60525-ayu-pratiwi-2114.041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang memiliki kemampuan yang kurang terabaikan. Dapat dinyatakan bahwa peserta didik yang berkemampuan belajar rendah, tidak mendapatkan kesempatan yang memadai untuk berkembang sesuai dengan kapasitasnya. Permasalahan yang terdapat dalam skripsi ini adalah apa usaha yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membimbing peserta didik yang Slow Learner di SMPN 3 Bukitinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitataif, yaitu suatu metode yang digunakan untuk mendapatkan gambaran sesuatu apa adanya. Penulis hanya menggambarkan fenomena yang terjadi dilapangan secara sistematis bagaimana usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam membimbing peserta didik yang SlowLearner di SMPN 3 Bukittinggi yang mengalami masalah Slow Learner. Setelah data terkumpul melalui observasi, dan wawancara, data tersebut kemudian diolah dengan cara menyeleksi, kemudian diklasifikasikan setelah itu diadakan analisis data. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan bahwa usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam membimbing keberhasilan pesertadidik yang mengalami Slow Learner diantaranya : pertama, usaha guru Pendidikan Agama Islam untuk memberikan informasi tentang cara-cara belajar efektif kepada peserta didik yang Slow Learner dinyatakan bahwa guru selalu meberikan informasi belajar yang efektif kepada siswa. seperti, pergi keperpustakaan jika ada mata pelajran yang kosong. Kedua, mengenai usaha bantuan penempatan (placement) kepada peserta didik yang Slow Learner, dinyatakan telah menempatkan siswa secara baik. Ketiga : usaha untuk mengadakan pertemuan dengan orang tua peserta didik yang Slow Learner, dinyatakan sebagian guru Pendidikan Agama Islam masih kurang sekali dalam melakukan konsultasi dengan orang tua peserta didik yang Slow Learner. Keempat, usaha memberikan pembelajaran remedi bagi peserta didik yang mengalami Slow Learner, dinyatakan cukup baik, walaupun ada satu orang guru Pendidikan Agama Islan yang menyatakan tidak pernah mengadakan pembelajaran remedi. Kelima, usaha menyajikan pembelajaran secara kongkrit dan aktual bagi peserta didik yang Slow Learner, dinyatakan cukup baik, terbukti dengan menggunakan variasi media (seperti : media gambar, media peraga) dan variasi metode (seperti : metode ceramah, tanya jawab, diskusi, praktek langsung). Keenam: usaha memberikan perhatian khusus kepada peserta didik yang Slow Learner, dinyatakan baik, dengan indikasi pemberian motivasi, pemberian nasehat, pemberian pujian.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Usaha Guru, Slow Learner
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:56
Last Modified: 18 Jul 2025 03:56
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item View Item