Nosi Ismanila, 2615063 (2019) Pelaksanaan Pendekatan Behavioral dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa di SMPN 6 Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
9473e-9.nosi-ismanila cover.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
9473e-9.nosi-ismanila abstrak.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
9473e-9.nosi-ismanila full.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan bahwa adanya siswa yang bermasalah dalam belajar ketika proses pembelajaran berlangsung. Seperti siswa kurang serius dalam mengikuti pelajaran bahkan banyak siswa yang suka meribut dan mengganggu teman-temannya dalam proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas, semangat untuk mengikuti pelajaran rendah, bahkan ada siswa yang cabut pada jam pelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan behavioral apa yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah belajar siswa di SMPN 6 Bukittinggi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu mengumpulkan data dari lokasi, teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan, yaitu wawancara, dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah 1 orang guru BK dan informan pendukungnya adalah 3 orang siswa yang mengalami masalah dalam belajar di SMPN 6 Bukittinggi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data atau pemilihan, Display data dan Analisis data. Sedangkan teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil dari penelitian pelaksanaan pendekatan behavioral dalam mengatasi masalah belajar siswa di SMPN 6 Bukittinggi adalah Pembiasaan Klasik : guru bimbingan dan konseling memberikan metode pembiasaan klasik dalam mengatasi masalah kurang motivasi dalam belajar, lambat dalam melakukan tugas-tugas kegiatan belajar, menunjukkan sikap yang kurang wajar, menunjukkan tingkah laku yang berkelainan dan metode pembiasaan klasik dalam mengatasi siswa yang menunjukkan emosional yang kurang wajar dalam belajar. Pembiasaan Operan : guru bimbingan dan konseling hanya memberikan penguatan dan dorongan untuk menumbuhkan semangat siswa dalam belajar dengan memberikan pujian dan hadiah atas perubahan yang telah dilakukan siswa. Tujuan dari pembiasaan ini agar siswa merasa diperhatikan dan tidak bermasalah lagi dalam belajar. Peniruan : metode Peniruan dalam mengatasi masalah siswa kurang motivasi dalam belajar dengan cara menayangkan video motivasi, metode peniruan dalam mengatasi siswa yang lambat dalam melakukan tugas-tugas kegiatan belajar dengan cara memberikan konten terhadap siswa yang bermasalah dengan kegiatan belajar, dan metode peniruan dalam mengatasi siswa yang menunjukkan tingkah laku yang berkelainan dalam belajar, seperti siswa yang sering datang terlambat. Guru BK berusaha untuk datang tepat waktu ke sekolah maupun saat masuk jam pelajaran, agar siswa yang bermasalah dengan kehadiran datang terlambat bisa meniru dan bisa berusaha disiplin waktu.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Masalah Belajar, Pendekatan Behavioral |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:36 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:36 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/202 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |