Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di MTsN 6 Agam

Defri Satria Rusti, 2614131 (2019) Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di MTsN 6 Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
5c259-27.defri-satria-rusti cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
5c259-27.defri-satria-rusti abstrak.pdf

Download (14kB)
[img] Text
5c259-27.defri-satria-rusti full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan keluarga adalah pusat pendidikan yang utama dan pertama. Siswa/i di MTsN 6 Agam masih ditemukan memiliki konsentrasi belajar yang rendah karena pengaruh lingkungan keluarga. Berdasarkan kondisi di atas maka dilakukanlah penelitian lingkungan keluarga dan pengaruhnya terhadap konsentrasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Konsentrasi Belajat Siswa di MTsN 6 Agam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research),dengan metode penelitian kuantitatif jenis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII (delapan) di MTsN 6 Agam yang berjumlah 237 orang. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan teknik proposional random sampling yaitu proses pemilihan sampel dengan cara berimbang pada ukuran yang tidak sama, disesuaikan dengan jumlah anggota tiap-tiap kelompok yang lebih besar, dengan jumlah sampel 64 orang. Teknik pengumpulan data yaitu pengambilan data pemberian angket. Berdasarkan hasil uji regresi sederhana diperoleh hasil Fhitung 26,148 > Ftabel 3,20 bahwa Ho ditolak sedangkan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap konsentrasi belajar di MTsN 6 Agam. Dari hasil persamaan regresi diperoleh interpretasi sebesar 60,246 artinya jika lingkungan keluarga 0 atau biasa maka konsentrasi belajar positif yaitu 60,246. Interpretasi regresi variabel lingkungan keluarga sebesar 0,431 artinya jika lingkungan keluarga mengalami kenaikan, maka konsentrasi belajar sebanyak 0,431. Besarnya pengaruh lingkungan keluarga terhadap konsentrasi belajar siswa di MTsN 6 Agam adalah sebesar 29,7% dan 70,3% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Lingkungan Keluarga, Konsentrasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 18 Jul 2025 08:35
Last Modified: 18 Jul 2025 08:35
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item View Item