Pelaksanaan Tahfiz Al-Quran Di Paud Sejahtera Kelurahan Kepala Koto Kecamatam Pauh Kota Padang

Rezki Saputra, 2113192 (2018) Pelaksanaan Tahfiz Al-Quran Di Paud Sejahtera Kelurahan Kepala Koto Kecamatam Pauh Kota Padang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover rezki-saputra-2113.192.pdf

Download (78kB)
[img] Text
abstrak rezki-saputra-2113.192.pdf

Download (174kB)
[img] Text
c1e43-rezki-saputra-2113.192.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Maksud dari judul skripsi ini adalah proses dan cara mengenalkan tahfiz al-Quran yaitu menjaga, memelihara dan menghafal al-Quran kepada anak usia dini yang berada di PAUD Sejahtera Kepala Koto. Permasalahan utama dari skripsi ini adalah. Bagaimana metode pengenalan pendidikan tahfiz al-Quran pada anak kelas, usia 5 tahun yang dilakukan di PAUD Sejahtera Kepala Koto. Penelitian ini merupakan penelitan lapangan (field research) dalam bentuk deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi yang teramati, penelitian deskriptif yaitu menggambarkan suatu gejala, peristiwa, kejadian seperti adanya yaitu tentang pengenalan tahfiz al-Quran di PAUD Sejahtera kelurahan Kepala Koto kecamatan Pauh kota Padang. Ada pun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah: Guru PAUD Sejahtera, Kepala PAUD Sejahtera, dan orang tua murid PAUD Sejahtera. Teknik penumpulan data yaitu wawancara, observasi dan data-data tersebut diolah dengan menggunakan teknik analisa data, dan kemudian dikumpulkan dan dianalisa. Untuk pendidikan anak usia dini peraturan menteri pendidikan nasional no 58 tahun 2009 tentang standar pendidikan anak usia dini pada halaman 9, lingkup perkembngan kognitif tidak ditemukan adanya pembelajaran calistung yaitu membaca menulis dan berhitung. Maka dari itu seluruh kegiatan calistung yang diajarkan untuk anak usia dini tidak dibenarkan. Kemudian untuk menghafal alQuran diharuskan pandai membaca al-Quran. Seandainya diajarkan membaca alQuran berarti menyalahi peraturan menteri pendidikan nasional. Namun PAUD Sejahtera tetap menjalankan pengenalan tahfiz al-Quran kepada anak usia dini, kemudian yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah metode apa yang digunakan oleh PAUD Sejahtera sehingga bisa melaksanakan pengenalan tahfiz alQuran untuk anak usia dini tersebut. Hasil dari penelitian yang dilakukan di PAUD Sejahtera kelurahan Kepala Koto Kecamatan Pauh kota Padang. PAUD Sejahtera menggunakan empat metode: Pertama, memulai menghafal dengan yang paling mudah. Kedua, menentukan kadar hafalan dalam sehari. Ketiga, muraja’ah dalam menghafal. Keempat, pemilihan waktu yang sesuai untuk menghafal. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan, Maka metode yang digunakan di PAUD Sejahtera untuk pengenalan tahfiz al-Quran dapat dikatakan berhasil karena anak mampu menghafal beberapa surat dari juz 30 dalam waktu yang relatif singkat dan tidak menyalahi peraturan Menteri Pendidikan nasional nomor 58 tahun 2009, tentang standar Pendidikan anak usia dini.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 18 Jul 2025 08:56
Last Modified: 18 Jul 2025 08:56
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item View Item