Metode Pembinaan Akhlak Siswa Di MDTA ( Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah ) Sawah Dangka Tigo Kampuang Nagari Gadut Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam

Purwanto Maha, 2113023 (2018) Metode Pembinaan Akhlak Siswa Di MDTA ( Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah ) Sawah Dangka Tigo Kampuang Nagari Gadut Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover pdf-skripsi-purwanto-maha-nim-2113.-.pdf

Download (30kB)
[img] Text
abstrak pdf-skripsi-purwanto-maha-nim-2113.-.pdf

Download (12kB)
[img] Text
ee257-pdf-skripsi-purwanto-maha-nim-2113.-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Metode Pembinaan Akhlak Siswa Di MDTA ( Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah ) Sawah Dangka Tigo Kampuang Nagari Gadut Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Metode Pembinaan Akhlak Siswa Di MDTA ( Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah ) Sawah Dangka Tigo Kampuang Nagari Gadut Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Penelitian yang dilakukan di MDTA Sawah Dangka ini mengenai metode pembinaan akhlak , dan kendala dalam pembinaan akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu mengambarkan kajadian-kejadian yang terjadi dilapangan atau peneliti mencoba menggambarkan, menuliskan dan menafsirkan suatu fenomena yang berkembang pada masa sekarang, untuk menjamin ke absahan data dilakukan triangulasi data. Dalam pengambilan data ini yang menjadi informan kuncinya adalah guru MDTA Sawah dangka dan informan pendukungnya adalah satu orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Metode Pembinaan Akhlak Siswa Di MDTA ( Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah ) Sawah Dangka Tigo Kampuang Nagari Gadut Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten. Bahwa tujuan anak diberikan pembinaan akhlak anak dapat menjadi lebih baik kemudian guru mengajarkan kepada anak metode pembinaan akhlak dimana guru menerapkan berbagai metode pembinaan akhlak mulai dari pembinaan keteladanan, pembinaan dengan nasehat, pembinaan dengan hukuman, pembinaan dengan cerita dan pembinaan dengan pembiasaan. Dalam hal guru juga mengalami kendala dalam pembinaan akhlak anak karena tidak semua anak yang berakhlak baik ada juga beberapa anak yang perlu asuhan dari guru supaya menjadi lebih baik.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 18 Jul 2025 08:56
Last Modified: 18 Jul 2025 08:56
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item View Item