Kematangan Sosial Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Kabupaten Sijunjung

Desi Yasmita, 2615150 (2019) Kematangan Sosial Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Kabupaten Sijunjung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
63d2f-32.desi-yasmita-2615150-cover.pdf

Download (101kB)
[img] Text
63d2f-32.desi-yasmita-2615150-abstrak.pdf

Download (29kB)
[img] Text
63d2f-32.desi-yasmita-2615150-full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penulis mengangkat judul skripsi ini adalah dikarenakan penulis melihat adanya siswa yang tidak bias menyesuaikan dirinya untuk bersosialisasi diantara teman kelompoknya. Yang selalu menggagu teman dalam proses belajar berlangsung, suka menyendiri dibandingkan bersama teman-temannya, ada yang tidur saat proses belajar berlangsung, dan masih banyak di antara mereka yang menjadi bahan ejekan teman sebayanya dan masih banyak diantra mereka yang kurang pandai dalam berkomunikasi dengan teman sebayanya dan masih ada juga di antara mereka pada jam istirahat sering berada di dalam kelas sedangkan teman-teman yang lain pergi ke kantin dan sering keluar masuk ketika proses belajar berlangsung. Adanya permasalahan tersebut penulis tertarik untuk melekukan penelitian ini. Oleh karena itu, yang menjadi permasalahan adalah bagaimana bentuk kematangan sosial siswa di SMPN 14 Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan di SMPN 14 Kabupaten Sijunjung, menggunakan jeni spenelitin kualitatif yang bersifat deskriptif yaitum enggambarkan suatu keadaan atau gejala apa adanya. Informan penelitiannya adalah siswa dan guru. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan, dokumentasi. Analisis data yang digunakan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber yaitu dari observasi,wawancara, dan dokumentasi, deduksi data, display data. Dalam penelitian ini penilis melakukan wawancara kepada guru BK sebagai informan kunci dan siswa sebagai informan pendukung. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat mengembangkan bahwa kematangan social siswa di SMPN 14 Kabupaten Sijunjung sudah mewujudkan sikap yang baik, walaupun hal itu belum sepenuhnya sempurna masih ada yang harus diperbaiki agar kematangan social siswa tersebut menjadi lebih baik lagi sehingga mengarah kepada kesempurnaan serta kemandirian sosial agar bias menjadi patokan dan gambaran untuk meningkatkan kematangan socials iswa di SMPN 14 Kabupaten Sijunjung ke arah yang lebih baik lagi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara dan hasil instumentasi sosimetri. Jadi dapat disimpulkan bahwa kematangan social siswa di SMPN 14 Kabupaten Sijunjung sudah mulai membaik dan mengarah kepada kesempurnaan sehingga menjadi patokan untuk meningkatkan kematangan social siswa Di SMPN 14 Kabupaten Sijunjung.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Kematangan Sosial, Siswa SMP
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:16
Last Modified: 21 Jul 2025 02:16
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/215

Actions (login required)

View Item View Item