Pelaksanaan Pendidikan Akhlak Kelas VIII Di MTsN Panampuang

Dian Maharani, 2114192 (2018) Pelaksanaan Pendidikan Akhlak Kelas VIII Di MTsN Panampuang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover dian.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak dian.pdf

Download (1MB)
[img] Text
fulltext dian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penulis melakukan penelitian ini karna penulis menjumpai sebagian siswa yang tidak menghormati orang tua, dan juga tidak menghormati gurunya, dan juga adanya sebagian siswa yang bertutur kata tidak sepantasnya siswasiswi MTsN, dan juga masih dijumpai sebagian siswa yang kabur dan duduk di kedai saat akan melaksanaankan shalat zhuhur, Masih dijumpai sebagian siswa yang berjalan-jalan saat guru menerangkan Pembelajaran, dan Masih dijumpai sebagian siswa yang keluar masuk saat guru Menerangkan pembelajaran Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan akhlak di sana dan faktor pendukung dan penghambat Pelaksanaan Pendidikan akhlak siswa Kelas VIII di MTsN Panapung. Dalam pembahasan skripsi ini penulis menggunakan jenis penelitian pada penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskiptif kualitatif. Dengan informen kunci guru Mata pelajaran Akhlak dan informen pendukung Waka Kurikulum dan Siswa kelas VIII. Untuk mengumpulkan data, penulis melakukan observasi, dan wawancara, setelah data terkumpul maka dilakukan pengolahan dan analis data. Selanjutnya dilakukan teknik keabsahan data dengan cara triangulasi. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa, Pertama Pelaksanaan Pendidikan akhlak di MTsN Panampuang berpedonam pada visi dan misi sekolah yang mana visi dan misi tersebut merupakan dasar kemana arah tujuan sekolah tersebut. Melalui visi dan misi sekolah kemudian sekolah menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar. Kegiatan rutinitas untuk mengarahkan pada penanganan dan peningkatan imteg guna menjadikan siswa yang berakhlakul karimah, proses pelaksanaan pendidikan akhlak siswa meliputi integrasi nilai-nilai akhlak karimah kedalam visi dan misi sekolah, proses pendidikan akhlak terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelaksanaan pendidikan akhlak di MTsN Panmpuang menggunakan beberapa metode yaitu metode ceramah, metode keteladanan, metode pemberian hadiah dan hukuman. Semua metode tersebut terinteggrasikan ke dalam kegiatan belajar mengajar. Kedua Adapun faktor pendukung antara lain adanya komitmen atau kerja sama yang kuat antar guru yang satu dnegan yang lainnya untuk membentuk akhlak karimah siswa, sedangkan faktor penghambat yaitu dikarenakan karna kondisi siswa yang terlalu dimanja oleh orang tua dangan zaman yang telah maju dan dengan majunya ilmu teknologi saat sekarang ini sehingga berdapak negatif. Dan juga kurangnya perhatian orang tua terhadap akhlak anak, tidak adanya kerjasama orang tua terhadap sekolah untuk membentuk akhlak anak menjadi lebih baik, dan berakhlakul karimah

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:56
Last Modified: 21 Jul 2025 03:56
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item