Peranan Guru TPA Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di TPA Surau Balai Banyak Di Kelurahan Parit Antang Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh

Zulkarnaen, 2114235 (2018) Peranan Guru TPA Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di TPA Surau Balai Banyak Di Kelurahan Parit Antang Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover zulkarnaen.pdf

Download (18kB)
[img] Text
abstrak zulkarnaen.pdf

Download (73kB)
[img] Text
45a35-skripsi-oke.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa di saat sekarang yang berprilaku kurang sesuai dengan ajaran agama islam seperti, tidak menaati peraturan sekolah, melawan kepada guru, dan berkata-kata kotor dengan sesama. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembinaan dalam memperbaikinya. Maka dalam penelitian ini, difokuskan pada : Bagaimana peran guru TPA dalam Pembinaan Akhlak Siswa di TPA Surau Balai Banyak Kelurahan Parit Antang Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, Batasan Masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana peranan guru TPA dalam Pembinaan akhlak siswa di TPA Surau Banyak Kelurahan Parit Antang Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahuai bagaimana peranan guru TPA dalam pembinaan akhlak siswa di TPA Surau Balai Banyak Kelurahan Parit Antang Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang mencoba menggambarkan, memaparkan dan menafsirkan suatu fenomena yang terjadi dilapangan pada saat ini. pengumpulan data penulis lakukan dengan observasi dan wawancara. Yang menjadi informen dalam penelitian ini adalah guru TPA sebagai informen kunci, sedangkan informen pendukung adalah kepala sekolah, siswa, data yang terkumpul dianalisisdengan menggunakan teknik analisis data, kemudian untuk mengukur keabsahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian diketahuai bahwa langkah-langkah yang dilakukan oleh Guru TPA sebagai motivator dalam pembinaan akhlak siswa yaitu mendorong siswa agar memiliki prilaku terpuji, berbicara sopan, dan menghindari prilakun tercela baik kepada orang tua, guru, sesama maupun kepada lingkungan. Hal yang dilakukan dalam membina akhlak tersebut adalah dengan menyajikan pembelajaran tentang akhlak dan memberikan contoh-contoh akhlak, memberikan motivasi dan keteladanan kepada siswa agar berprilaku terpuji namun siswa tersebut tidak terpengaruh dengan apa yang di sampaikan oleh guru. Guru TPA sebagai teladan dengan cara menampilkan sikap dan prilaku terpuji dalam berprilaku, bergaul, berbicara, dan berpakaian dengan baik sehingga siswa apa yang mereka teladani dapat di terapkan dalam ke hidupan sehari hari, namun ternyata guru disini tidak sepenuhnya memberikan keteladanan kepada siswa guru masih sering terlambat masuk kedalam kelas sehinganya siswa mencontoh apa yg dilakukan guru. Selanjutnya guru TPA sebagai berperan sebagai pembimbing membimbing siwa kepada akhlak yang lebih baik dan selalu mengingatkan siswa apabila menyimpang dari ajaran agama islam. Jadi peranan guru disini sudah bagus, dalam peranaya sebagai motivator ,pembimbing akan tetapi disini guru kurang disiplin dalam pembelajaran. Dan juga siswanya kurang mentaati peraturan sekolah, karna siswa TPA di Surau Balai Banyak sudah terpengaruh dengan pergaulan-pergaulan di luar sekolah yang kurang baik. Dengan demikian prilaku siswa terbawa-bawa ke sekolah ngaji (TPA).

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:56
Last Modified: 21 Jul 2025 03:56
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item View Item