Nurdiyah, 2114108 (2018) Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas X IPS 3 SMAN 3 Padang Panjang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover nurdiyah.pdf Download (491kB) |
![]() |
Text
abstrak nurdiyah.pdf Download (494kB) |
![]() |
Text
fulltext nurdiyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena tidak seriusnya siswa mengikuti pelajaran seperti siswa keluar masuk kelas, siswa berbicara dan bercanda dengan teman sebangku, kurang memperhatikan guru saat menerangkan pelajaran. semuanya tentu saja mengganggu proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X IPS 3 SMAN 3 Padang Panjang dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran PAI di Kelas X IPS 3 SMAN 3 Padang Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X IPS 3 SMAN 3 Padang Panjang dan kendalakendala yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran PAI di Kelas X IPS 3 SMAN 3 Padang Panjang Jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan apa adanya tentang suatu keadaan, dengan kata lain penulis menggambarkan tentang proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X IPS 3 SMAN 3 Padang Panjang. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan wawancara dan observasi yang berkaitan dengan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Padang Panjang. Dari data yang terkumpul penulis mengolahnya dengan menggunakan teknis analisis data deskriptif analitik. Setelah melakukan penelitian, maka diperoleh hasil bahwa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Padang Panjang yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam secara umum sudah berjalan dengan baik, Dalam proses pembelajaran PAI seorang guru menjadi contoh tauladan untuk siswa, menjadi pendidik dan pembimbing untuk semua siswa siswi di kelas, namun siswa-siswi di kelas X IPS 3 Padang Panjang tidak mematuhi aturan dan banyak yang meribut dengan teman sebangku ketika guru sedang menjelaskan pembelajaran, metode yang digunakan oleh guru PAI yaitu metode ceramah dan tanya jawab, dan media yang digunakan guru PAI saat mengajar yaitu buku cetak, LKS, dan Al-Qur’an. Kendala yang dihadapi oleh guru PAI yaitu keterbatasan bahan ajar yang membuat guru sulit dalam pembelajaran, anak-anak yang tidak mematuhi aturan masih banyak yang mengobrol dengan teman sebangku keluar masuk ruangan, dan kurangnya sarana dan prasarana yang membuat kegiatan pembelajaran kurang kondusif.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:24 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:24 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/251 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |