Pembinaan Akhlak Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII DI SMP N 5 Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Susi Susanti, 2114201 (2018) Pembinaan Akhlak Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII DI SMP N 5 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover susi.pdf

Download (95kB)
[img] Text
abstrak susi.pdf

Download (152kB)
[img] Text
fulltext susi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Maksud dari judul skripsi ini adalah mencari atau melihat bagaimana akhlak siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP N 5 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Latar belakang penulis melakukan penelitian ini karena siswa kelas VIII di SMP N 5 Kinali terlihat kurang menghargai dan menghormati guru pada saat proses pembelajaran dan banyak siswa yang mengganggu temannya saat proses pembelajaran berlangsung. Maka dari penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana metode pembinaan akhlak siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam, dan faktor-faktor yang mempengaruhi metode pembinaan akhlak siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP N 5 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Dalam pembahasan skripsi ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Dengan informan kunci adalah guru Pendidikan Agama Islam dan informan pendukung adalah siswa kelas VIII serta kepala sekolah. Untuk mengumpulkan data, penulis melakukan Observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul maka dilakukan pengolahan dan analisa data. Selanjutnya. Dilakukan teknik penjamin keabsahan data dengan cara triangulasi. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa, pertama metode yang dilakukan oleh guru untuk pembinaan akhlak siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP N 5 Kinali Kabupten Pasaman Barat yaitu metode keteladanan, pembiasaan, reward, nasehat dan hukuman. Tujuan diterapkan metode-metode ini agar terbentuknya akhlak siswa yang sesuai dengan ajaran Islam. Kedua faktor-faktor yang mempengaruhi metode pembinaan akhlak, yaitu kebiasaan, keturunan, keluarga dan lingkungan. Yang mana faktor kebiasaan itu perbuatan yang yang diulang terus menerus sehingga mudah dikerjakan seseorang, sedangkan faktor keturunan itu berpindahnya sifat tertentu dari orangtua kepada anaknya, serta keluarga dan lingkungan merupakan salah satu aspek yang turut memberikan pengaruh dalam terbentuknya sikap dan tingkah laku seseorang, lingkungan merupakan dimana orang itu berada, sedangkan keluarga merupakan pusat pendidikan pertama dan utama yang diberikan oleh ayah dan ibu kepada anaknya berupa pendidikan informal yang lebih efektif dalam penanaman dan pendidikan akhlak anaknya.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Pembinaan Akhlak, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:25
Last Modified: 22 Jul 2025 03:25
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item View Item