Peran Orang Tua dalam Menanamkan Pendidikan di Lingkungan Keluarga di Jorong Garagah Nagari Simpang Kecamatan Simpati Kabupaten Pasaman

Nur Aziza, 2614035 (2019) Peran Orang Tua dalam Menanamkan Pendidikan di Lingkungan Keluarga di Jorong Garagah Nagari Simpang Kecamatan Simpati Kabupaten Pasaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
8407a-17.nur-aziza-2614035 cover.pdf

Download (51kB)
[img] Text
8407a-17.nur-aziza-2614035 abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
8407a-17.nur-aziza-2614035 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan keluarga merupakan tempat dimana anak pertama kali mendapatkan didikan dan bimbingan, keluarga juga merupakan tempat utama anak dalam berperilaku sosial dan mulai mengenal lingkungan sosial. Sikap dan perilaku yang ditunjukkan oleh anak merupakan gambaran dari pendidikan yang didapatkannya di dalam keluarga. Berdasarkan observasi awal penulis bahwa terdapat anak berbicara dengan kasar, bersikap tidak sopan, tidak mampu menyesuaikan diri dengan baik serta tidak mampu bersikap yang dapat diterima sosial. Salah satu tugas keluarga adalah memberikan pendidikan kepada anak sehingga anak mampu bersikap yang dapat diterima sosial. Penelitian ini memfokuskan kepada peran orang tua dalam menanamkan pendidikan di lingkungan keluarga di Jorong Garagah Nagari Simpang Kecamatan Simpati Kabupaten Pasaman. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam menanamkan pendidikan di lingkungan keluarga di Jorong Garagah Nagari Simpang Kecamatan Simpati Kabupaten Pasaman. Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan metodologi penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu dengan menggambarkan kejadian yang terjadi dilapangan. Teknik pemilihan informan yang peneliti gunakan adalah teknik snowball sampling yaitu teknik penentuan sampel yang mula-mula jumlahnya kecil kemudian membesar. Informan kunci dalam penelitian ini adalah keluarga (orang tua) dan informan pendukungnya adalah anak, Bapak Jorong dan tetangga dari keluarga yang penulis teliti. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang peneliti gunakan adalah reduksi data, display data, verifikasi data, sedangkan teknik penyajian keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi data yang diartikan sebagai pemeriksaan keabsahan data. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa peran orang tua dalam menanamkan pendidikan di lingkungan keluarga adalah : a) menanamkan dasar-dasar kejiwaan yang mulia, sebagian besar keluarga hanya menanamkan rasa kasih sayang kepada anak dengan mengajarkan anak untuk bersikap mandiri, sedangkan dasar-dasar kejiwaan mulia yang lainnya belum maksimal dilakukan oleh keluarga dikarenakan kesibukan keluarga serta persepsi yang salah dari beberapa keluarga. b) memelihara hak-hak orang lain, sebagian keluarga mengajarkan anak untuk memelihara hak kedua orang tua dengan cara yang kasar seperti memukul anak, keluarga juga belum memahami bagaimana memelihara hak saudara, guru, teman serta orang dewasa sehingga keluarga tidak maksimal dalam mengajarkan anak untuk memelihara hak-hak orang lain. c) menjaga etika sosial secara umum, sebagian besar keluarga mengajarkan anak dalam bentuk lisan, namun tidak mencontohkan bagaimana menjaga etika sosial secara baik. d) pengawasan dan kritik sosial, sebagian keluarga terlalu mengekang anak dan sebagian lainnya terlalu memberi kebebasan kepada anak.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:13
Last Modified: 23 Jul 2025 07:13
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item View Item