Rina Yenti, 2614176 (2019) Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Bakat Anak Underachiever melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SMAN 3 Teladan Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
c5e2a-55.-rina-yenti-s.pd cover.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
c5e2a-55.-rina-yenti-s.pd abstrak.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
c5e2a-55.-rina-yenti-s.pd full.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah Beberapa siswa yang ingin mengikuti kegiatan ekstrakurikuler namun tidak mendapatkan izin dari orangtua, dengan alasan kesehatan dan keselamatan, berbakat merasa tidak mempunyai kepercayaan diri untuk ikut dalam kegiatan ekstrakurikuler, beberapa siswa yang mengundurkan diri dari kegiatan ekstrakurikuler disekolah karena tidak menyukai salah satu anggota kelompoknya atau mengalami hubungan yang kurang harnonis dengan salah seorang anggota kelompok, Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru BK dalam mengembangkan bakat siswa Underachiever melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 3 Teladan Bukittinggi. Beberapa anak berbakat yang mempunyai bakat melukis atau seni grafis namun belum memiliki organisasi di sekolah tersebut, beberapa siswa berbakat yang belum mau mengikuti kegitan ekstrakuruikuler karena merasa kesulitan dalam mengatur waktu, alasan lain yang menjadi penghambat kegiatan ekstrakurikuler di sekolah karena keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam adalah penelitian kualitatif dengan meggunakan penelitian lapangan (Field Reasearch), penulis memilih SMAN 3 Teladan Bukittinggi sebagai tempat penelitian, penulis menggunakan tiga informan yaitu, informan kunci koordinator BK, Sedangkan informan pendukung adalah guru BK dan siswa, teknik pengupulan data adalah dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi, untuk menguji keabsahan data penulis menggunkan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa peranan guru Bk dalam mengembangkan bakat anak Underachiever adalah sebagai perencana program bimbingan dan konseling, sebagai administrator, sebagai pemberi nasehat, sebagai konsultan, sebagai pemberi informasi, dan guru Bk sebagai tester hanya saja guru Bk SMAN 3 Bukittinggi belum memperhatikan masalah sosial siswa di kegiatan ekstrakurikuler, dan mengikuti perkembangan tes di negara maju.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Guru Pembimbing, Bakat Anak Underachiever, Ekstrakurikuler |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 08:22 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 08:22 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/284 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |