Fitri Rozi, 2614197 (2019) Metode Guru BK Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Siswa di SMAN 1 Ampek Angkek. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
5b14d-63.fitri-rozi cover.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
5b14d-63.fitri-rozi abstrak.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
5b14d-63.fitri-rozi full.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di SMA Negeri 1 Ampek Angkek bahwa ditemukan dari jumlah siswa kelas X sebanyak 273, terdapat 60% siswa memiliki kecerdasan linguistik. Hal ini terbukti dari hasil tes Intellegensi yang diselenggarakan di sekolah, namun dari hasil tes tersebut siswa yang memiliki kecerdasan linguistik belum bisa mengembangkan dengan baik, seperti siswa kurang mampu untuk berkomunikasi, kurang minat membaca, kurang minat menulis, kurang bisa menerima pembelajaran melalui kegiatan mendengar, kurang suka berdiskusi, tidak mau bertanya tentang materi yang dianggap sulit. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana metode guru bimbingan dan konseling mengembangkan kecerdasan linguistik siswa yang kurang mampu berkomunikasi dengan baik. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Yaitu menggambarkan yang terjadi dilapangan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan redukasi data, penyanjian data kemudian penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh diuji keabsahanya dengan triagulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 5 metode yang dilakukan guru bimbingan konseling dalam mengembangkan kecerdasan linguistik siswa yang kurang mampu berkomunikasi. 1. Dengan memberikan layanan infomasi tentang pentingnya berkomunikasi bagi manusia secara umum. 2. Memberikan layanan penguasaan konten dengan melatih keterampilan siswa berkomunikasi.3. Memberikan layanan penempatan dan penyaluran dengan membuat kelompok belajar yang anggotanya gabungan siswa yang lancar berkomunikasi dengan siswa yang bermasalah dalam kecerdasan linguistik. 4. Melakukan konseling individu untuk menghilangkan faktor yang menghambat siswa dalam berkomunikasi. 5. Melakukan kerjasama dengan guru bidang studi supaya melibatkan siswa yang bermasalah dalam kecerdasan linguistik pada proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 08:45 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 08:45 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/286 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |