Perancangan E-modul Mata Pelajaran Bimbingan TIK dengan Aplikasi Sigil Kelas VIII di SMPN 3 Padang Panjang

Dicky Alfian, 2515111 (2020) Perancangan E-modul Mata Pelajaran Bimbingan TIK dengan Aplikasi Sigil Kelas VIII di SMPN 3 Padang Panjang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
COVER DICKY ALFIAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text
ABSTRAK DICKY ALFIAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Full Text Dicky Alfian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dicky Alfian, 2515111 “Perancangan E-modul Mata Pelajaran Bimbingan TIK dengan Aplikasi Sigil Kelas VIII di SMPN 3 Padang Panjang” Skripsi Program Sarjana, Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi. 2020 M/1441 H. Hasil penelitian penulis di SMPN 3 Padang Panjang dengan salah satu guru pengampu menunjukkan bahwa media yang seharusnya bisa dimanfaatkan oleh pendidik belum tampak. Misalnya pemanfaatan media komputer dalam penyampaian materi masih sangat sedikit. Namun penggunaan software dalam pembelajaran sudah berjalan hanya saja modul atau sumber belajar yang lain belum dikembangkan.Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada ujian akhir yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Tujuan penelitian yang penulis lakukan ini untuk menghasilkan sebuah produk E-modul sebagai pedukung bagi guru TIK dan untuk mempermudah siswa dalam mencari sumber materi pembelajaran yang tidak terbatas rung dan waktu. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) atau R&D yaitu suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru, atau menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggungjawabkan. Jenis R&D yang penulis gunakan yaitu versi ADDIE (Analysis-Design-Develop- Implement-Evaluate) menggunakan metode pengembangan sistem System Development Life Cycle (SDLC), dengan model Luther Sutopo. Produk yang telah dikembangkan kemudian dilakukan uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas menggunakan angket. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran e-modul pada mata pelajaran TIK. Media pembelajara e-modul yang di hasilkan bersifat asynchronous. Hasil uji validitas dari 3 orang dosen ahli manunjukkan aplikasi ini sangat valid dengan nilai akhir 0.85. Berdasarkan uji validitas dilakukan dengan dua orang ahli media dan satu orang ahli pendidikan. Berdasarkan hasil uji validitas diperoleh hasil 0.85dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas dilakukan pada tiga orang guru diperoleh hasil 0.84 dengan kriteria sangat praktis. Uji efektivitas dilakukan pada lima orang siswa diperoleh hasil 96.4dengan kriteria san gat efektif. Maka kesimpulan produk ini bisa digunakan dalam proses pembelajaran TIK pokok bahasan Microsoft word di SMPN 3 Padang Panjang. dengan kriteria sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif digunakan.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Aplikasi Sigil , E-modul dan TIK.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 23 Jun 2025 06:08
Last Modified: 23 Jun 2025 06:08
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/29

Actions (login required)

View Item View Item