Hubungan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Siswa di SMP N 2 Gunuang Omeh

Raudathul Windayati, 2614220 (2019) Hubungan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Siswa di SMP N 2 Gunuang Omeh. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
c58be-7.raudathul-waindayati cover.pdf

Download (61kB)
[img] Text
c58be-7.raudathul-waindayati abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
c58be-7.raudathul-waindayati full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy

Abstract

Kepercayaan diri adalah suatu sikap yang meyakini kemampuan diri sendiri dalam melakukan sesuatu sedangkan hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang dialami oleh siswa dalam belajar, dimana ada sebagian siswa dalam proses pembelajaran masih ada yang kurang memiliki keyakinan kemampuan akan dirinya, kurang bertanggung jawab atas tugas yang diberikan guru dan hal ini terlihat dari sikap siswa yang menyontek tugas temannya dan kurang memiliki kemampuan untuk bertanya jika ada materi yang tidak dipahami sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa di SMPN 2 Gunuang Omeh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat korelasi. Populasi adalah siswa kelas VII dan VIII SMPN 2 Gunuang Omeh angkatan 2018/2019 yang berjumlah 136 orang. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 58 orang dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan statistik sederhana dan dalam pengkorelasian variabel penelitian menggunakan statistic product and service solutions (SPSS) versi 22.00. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa variabel kepercayaan diri siswa SMPN 2 Gunuang Omeh diperoleh hasil sebesar 37.9% memiliki kecendrungan kepercayaan diri yang baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 2 Gunuang Omeh mampu menerapkan kepercayaan diri dalam belajar. Hasil belajar dari keseluruhan variabel hasil belajar diperoleh rata-rata hasil belajar siswa SMPN 2 Gunuang Omeh adalah dengan kategori baik dengan persentase 31.1%. Terdapat hubungan/korelasi positif yang signifikan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar yaitu 0.625 sementara rtabel dengan degree of freedom (df) 56 yaitu 0.263 pada taraf signifikan 0.05, maka rhitung > rtabel yang berarti hipotesis alternatif penelitian diterima dan korelasi berada pada taraf kuat. Dengan keeratan hubungan 39.06% dan arah hubungan positif. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kepercayaan dirinya maka akan semakin tinggi hasil belajar dan begitu juga sebaliknya semakin rendah kepercayaan diri maka akan semakin rendah hasil belajarnya

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Kepercayaan Diri, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 31 Jul 2025 16:50
Last Modified: 31 Jul 2025 16:50
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item