Eni Elfina, 2516108 (2020) Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Strip Digital Pada Mata Pembelajaran Bimbingan TIK Di MTsN Padang Panjang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
Fulltext ENI ELFINA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Eni Elfina, 2516.108 “ Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Strip Digital Pada Mata Pembelajaran Bimbingan TIK Di MTsN Padang Panjang” Perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Komunikasi (IPTEK) telah membawa perubahan yang sangat penting terhadap berbagai dimensi kehidupan manusia, termasuk di dunia pendidikan. Saat ini banyak media pembelajaran digital yang bisa digunakan oleh guru, salah satunya adalah media komik strip digital. Di MTsN padang panjang di tempat penulis melakukan penelitian yang mana penulis menemukan masalah seperti pembelajaran Bimbingan TIK yang tidak efekif, karena pendidik kewalahan dalam memberikan materi pembelajaran kepada siswa. Hal tersebut dikarenakan banyaknya siswa dalam satu kelas dan waktu dalam satu kali pertemuan hanya sedikit, serta media pembelajaran yang digunakan pendidik masih menggunakan media PowerPoint yang membuat siswa kurang tertarik, jarang memperhatikan dan kurang focus dalam pembelajaran. Suasana kelas yang idak kondusif juga menjadi kendala bagi guru dikarenakan banyaknya siswa dalam satu kelas yaitu lebih dari 35 orang , melakukan kegiatan-kegiatan yang menyebabkan tidak memperhatikan pembelajaran. Seperti ada yang mencoretcoret buku, tidur di kelas, mengganggu temannya, berbicara, dan lainnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini adalah unuk merancang media pembelajaran berbasis komik strip digital pada mata pembelajaran Bimbingan TIK di MsN Padang Panjang yang efekif, prakis dan valid.. Penelitian ini merupakan penelitian perancangan media pembelajaran yang menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Luther Sutopo yang terdiri dari 6 tahap yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Instrument pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Untuk mengetahui keefektifan media komik strip digital maka digunakan analisis data dengan melakukan uji validitas, efektifitas, dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan : 1) menghasilkan produk media komik strip digital yang menarik, berbasis teknologi dan sesuai dengan kebutuhan siswa pada perkembangan zaman ini. 2) Produk dikembangkan melalui pertama, analisis kebutuhan. Kedua, mendesain media pembelajaran dengan storyboard komik digital yang telah disusun. Ketiga, pengembangan recreating komik kemudian validasi ahli, guru, dan siswa. Keempat, implementasi guru di kelas. 3) hasil rata-rata dari uji produk yang penulis lakukan memperoleh uji validitas dengan nilai rat-rata 0.94 yaitu valid, uji praktikalitas penulis mendapatkan rat-rata 0.91 dengan kategori sangat praktis, pada uji efektifitas v penulis mendapatkan rat-rata nilai 0.77, berdasarkan hasil uji produk ini, dapat membantu mahasiswa, guru, atau dosen yang akan melakukan penelitian dalam bidang pendidikan agar penelitian dapat dilanjutkan untuk melihat keberhasilan penggunaan media ini kepada siswa dan para calon guru maupun guru dapat mengembangkan materi dari desain yang telah dirancang.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Perancangan, media pembelajaran komik strip digital, keefektifan, kemenarikan, Luther – Sutopo, Medibang Paint Pro. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 08:03 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 08:03 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/33 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |