Wulan Surya Ningsih, 2614017 (2019) Pengaruh Penyesuaian Diri dalam Lingkungan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Pembangunan Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Penyesuaian diri merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, ini disebabkan adanya perubahan sosial yang menuntut adanya kemampuan individu untuk menghadapi perkermbangan kehidupan lingkungan sekitar dalam hal ini adalah lingkungan sekolah. Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terlihat dari sikap yang ditunjukan siswa yakni ada nya siswa yang berteman sesama kelas nya saja, ada pula siswa yang berteman sesama daerah asal sehingga tiak mau bergabung dengan kakak seniornya, kelas XII yang merasa paling senior, mereka merasa paling benar dan harus dipatuhi oleh adik-adik kelasnya, sehingga kelas XI merasa tidak nyaman berada di lingkungan sekolah ada yang bolos, cabut. Sehingga mendapatkan hasil belajar tidak sesuai keinginan atau rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat antara penyesuaian diri dalam lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMK Pembangunan Bukittinggi. Untuk melohat seberapa besar pengaruh penyesuaian diri dalam lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMK Pembangunan Bukittinggi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan Regresi. penyesuaian diri dalam lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMK Pembangunan Bukittinggi. Untuk melohat seberapa besar pengaruh penyesuaian diri dalam lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMK Pembangunan Bukittinggi.teknik pengumpulan data digunakan adalah angket yang terdiri dari 30 butir pertanyaan, dengan 5 pilihan jawaban yang diolah menggunakan Statistical product and Service Solotion (SPSS). Sampel penelitian sejumlah 43 orang. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat hubungan antara penyesuaian diri dengan hasil belajar siswa kelas XI SMK Pembangunan Bukittinggi. Ini dibukitikan dengan diterima hipotesis alternatif dan ditolaknya hipotesis nihil yang terlihat dari perhitungan rxy besar dari rtabel dengan taraf signitifikan 0,05. Dimana nilai rxy adalah sebesar 0,963 dan rtabel yaitu 0,308. Sedangkan besar pengaruh penyesuaian diri dalam lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK pembangunan Bukittinggi terlihat dari nilai koefisien deteminasi antara variabel X dan Y sebesar 92.73%. dilihat dari tabel rxy yang diperoleh adalah 0,963 terletak antara (0.80-1.00) maka diperoleh interpretasi bahwa penyesuain diri memiliki korelasi yang sangat tinggi dengan hasil belajar. Hal ini dapat ketahui bahwa pengaruh penyesuaian diri terhadap hasil belajar 92,73%, sedangkan 7,27% dipengaruhi faktor lain.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:58 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:58 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |