Nopa Susanti, 2614060 (2019) Konsep Diri Siswa Obesitas di SMK N 1 Rao Selatan. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
a47aa-26.nopa-susanti cover.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
a47aa-26.nopa-susanti abstrak.pdf Download (5kB) |
![]() |
Text
a47aa-26.nopa-susanti full.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini disusun berangkat dari permasalahan yang penulis temukan yaitu berdasarkan wawancara awal yang penulis lakukan dengan beberapa siswa yang mengalami kelebihan berat badan. Dari wawancara tersebut terungkap bahwa mereka merasa malu dengan berat badan yang mereka miliki. Mereka juga kurang percaya diri untuk bergaul bersama teman-teman di sekolahnya. Mereka pada umumnya merasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuh mereka. Siswasiswa ini juga biasanya tertutup dan tidak mau berteman dengan orang lain di sekolah. Teman-teman mereka biasanya memanggil dengan sebutan si gendut atau si embem. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggambarkan kejadian yang ada di lapangan secara sistematis. Informan dalam penelitian ini adalah Siswa yang mengalami obesitas dan Guru/ Koordinator BK di SMK N I Rao Selatan. Penulis mengumpulkan data dengan teknik wawancara. Kemudian data-data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif analitik dan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan siswa yang mengalami obesitas di SMK N I Rao Selatan terlihat lebih banyak memiliki konsep diri negatif dibandingkan dengan konsep diri positif, konsep diri positif terdiri dari 11 poin diantaranya:1) Siswa obesitas cukup mampu bertindak berdasarkan penilaian yang baik, 2) Siswa obesitas cukup peka terhadap kritikan orang lain, sementara konsep diri negatif yang ada pada siswa obesitas diantaranya: 1) Siswa obesitas ini tidak meyakini dan menerapkan prinsip tertentu dalam bersikap dan bertindak, 2) Siswa juga kurang percaya pada kemampuan yang mereka miliki, 3) Mereka sering merasa berbeda dengan teman-temannya karena memiliki berat badan yang berlebih, 4) Siswa obesitas ini tidak menerima keadaan fisik mereka yang obesitas, 5) Siswa obesitas berharap bisa disukai, dikagumi dan dipuji oleh orang lain, 6) Mereka terlihat kurang berani mengeluarkan pendapat di kelas, kecuali jika dipaksa oleh guru, 7) Siswa juga kurang mampu menikmati diri sendiri secara utuh, 8) Siswa obesitas cukup responsif terhadap pujian, 11) Siswa obesitas merasa tidak disukai oleh temantemannya di sekolah, 12) Siswa obesitas merasa pesimis terhadap kompetisi. Secara umum konsep diri negatif lebih menonjol pada siswa obesitas dibanding konsep diri positif, akibatnya mereka merasa berbeda dengan siswa lain, sehingga mereka sering menutup diri dari pergaulan dengan teman-teman di sekolah.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Konsep Diir, Siswa Obesitas |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools R Medicine > RC Internal medicine |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 08:23 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 08:23 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/370 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |