Cara Guru Mengembangkan Kreativitas Siswa Tunadakse di SLB Amal Bhakti Sicincin Kec. 2 X 11 Enam Lingkung Kab. Padang Pariaman

Tessa Marisa Putri, 2614058 (2019) Cara Guru Mengembangkan Kreativitas Siswa Tunadakse di SLB Amal Bhakti Sicincin Kec. 2 X 11 Enam Lingkung Kab. Padang Pariaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
7274e-23-tesa-marisa-putri cover.pdf

Download (415kB)
[img] Text
7274e-23-tesa-marisa-putri abstrak.pdf

Download (416kB)
[img] Text
7274e-23-tesa-marisa-putri full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB) | Request a copy

Abstract

Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Setiap siswa memiliki kemampuan dalam bidang yang berbeda-beda. Kreativitas (berfikir kreatif) pada siswa berkebutuhan khusus (tunadaksa) perlu dikembangkan karena mereka mempunyai hak yang sama dengan siswa normal lainnya. Oleh sebab itu siswa lebih mendapatkan perhatian khusus dalam mengembangkan dirinya terutama dalam mengembangkan kreativitas yang dimilikinnya. Sementara kondisi yang penulis temukan di SLB Amal Bhakti Sicincin menunjukkan beberapa kondisi diantaranya, siswa cepat bosan dalam proses belajar, siswa terlihat pemalu dalam kelas, sementara guru yang ada di sana sudah melakukan upaya untuk mengatasi hal-hal tersebut tetapi belum menunjukkan hasil yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara guru mengembangkan kreativitas siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu dengan menggambarkan kejadian yang ada di lapangan secara sistematis. Informan kunci dalam penelitian ini adalah satu orang guru kelas dan informan pendukung yaitu dua orang siswa tunadaksa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif kualitatif dan teknik menguji kebasahan data dengan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa cara guru mengembangkan kreativitas siswa tunadaksa adalah membantu siswa untuk dapat mengembangkan kreativitas, walaupun yang dilakukan belum maksimal. Diantaranya, mengembangkan kreativitas siswa melalui penciptaan produk, pengembangan kreativitas siswa melalui imajinasi, pengembangan kreativitas siswa melalui proyek, pengembangan kreativitas siswa melalui musik dan pengembangan kreativitas melalui bahasa. Sementara pengembangan siswa melalui eksplorasi dan melalui eksperimen tidak dilakukan oleh guru SLB Amal Bhakti Sicincin dengan alasan kondisi sekolah yang tidak memungkinkan dan mengawasi siswa berkebutuhan khusus (tunadaksa) juga harus lebih ekstra.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Mengembangkan Kreativitas, Siswa Tunadaksa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 22 Aug 2025 08:59
Last Modified: 22 Aug 2025 08:59
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item View Item