Siska Wahyuni Fitri, 2114148 (2018) Upaya Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Fikih Di Mts.S Adat Dan Syara’ Padang Gelanggang Matua Mudiak Kecamatan Matur. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover-siska-wahyuni-fitri.pdf Download (89kB) |
|
|
Text
abstrak siska-wahyuni-fitri.pdf Download (148kB) |
|
|
Text
a5581-skripsi-siska-wahyuni-fitri.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Upaya Guru Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Fikih Di Mts Adat Dan Syara’ Padang Gelanggang Nagari Matua Mudiak Kecamatan Matur.” Adapun maksud dari judul ini secara keseluruhan adalah bagaimana upaya guru dalam penerapan model pembelajaran kurikulum 2013 dalam pembelajaran fikih. Adapun motivasi dari penulis membahas judul ini dilatar belakangi bahwa dalam penerapan kurikulum 2013 ini masih ada sebagian guru yang belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Melihat dari hasil observasi awal, penulis menemukan masalah dalam penerapan kurikulum 2013 yang mana dalam pelaksanaannya masih menggunakan model pembelajaran kurikulum lama. Itupun juga terjadi pada guru bidang strudi Fikih di MTs Adat dan Syara?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang di dalamnya mengutamakan untuk mendeskripsikan secara analisis suatu peristiwa atau proses sebagaimana adanya dalam lingkungan yang dialami untuk memperoleh makna dari hakikat proses tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kurikulum 2013 dalam pembelajaran fikih sudah diterapkan namun belum maksimal. Terbukti dengan usaha-usaha yang dilakukan guru fikih dan pihak sekolah dalam penerapan model pembelajaran kurikulum 2013 diantaranya yaitu: proses pembelajaran yang berdasarkan pendekatan saintifict, menciptakan suasana belajar yang kondusif dalam proses belajar mengajar, menjalin hubungan yang baik dengan siswa, menyediakan sarana dan prasarana, dan melakukan penilaian hasil. Namun usaha yang dilakukan itu juga mengalami kendala-kendala, kendala yang dihadapi guru fikih dalam penerapan model pembelajaran kurikulum 2013 diantaranya: guru kurang paham tentang syntax atau langkah-langkah dalam model pembelajaran, guru kesulitan mengarahkan siswa bekerja sama dalam kelompok, guru kesulitan mengarahkan siswa yang kurang pintar untuk aktif dalam penyusunan proyek
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 15 Sep 2025 04:12 |
| Last Modified: | 15 Sep 2025 04:12 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/405 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

