Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Swasta Muhammadiyah Silaping, Pasaman Barat

Maida Lubis, 2114022 (2018) Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Swasta Muhammadiyah Silaping, Pasaman Barat. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover-maida-lubis.pdf

Download (18kB)
[img] Text
abstrak maida-lubis.pdf

Download (14kB)
[img] Text
2a724-maida-lubis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini dibuat oleh Maida Lubis, 2114. 022, dengan judul Kemampuan siswa membaca Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Swasta Muhammadiyah Silaping, Pasaman Barat. Penelitian ini berangkat dari hasil observasi awal yang penulis lakukan di Madrasah Aliyah Swasta Muhammadiyah Silaping, Pasaman Barat pada Hari Jum’at, tanggal 20 Mei 2018 yang bertepatan dengan kegiatan keagamaan yang rutin dilakukan oleh siswa-siswi di Madrasah Aliyah Swasta Muhammadiyah Silaping, yaitu membaca Al-Qur’an sebelum memulai pelajaran. Dari observasi ini penulis menemukan bahwa dari 24 orang siswa di kelas X yang membaca AlQur’an, hanyabeberapa siswa yang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik. Begitu juga dengan kelas-kelas lainnya. Untuk itu penulis merasa tertarik meneliti tentang Kemampuan siswa membaca Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Swasta Muhammadiyah Silaping, Pasaman Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggambarkan kejadian yang ada di lapangan secara sistematis. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di Madrasah Aliyah Swasta Muhammadiyah Silaping, Pasaman Barat dan Guru PAI di sekolah tersebut. Penulis mengumpulkan data dengan teknik observasi, wawancara dan tes. Kemudian data-data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif dan triangulasi data dengan membandingkan data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan Kemampuan siswa kelas X di Madrasah Aliyah Swasta Muhammadiyah Silaping, Pasaman Barat dalam membaca Al-Qur’an terbagi kepada tiga kriteria, yaitu Baik, Cukup dan Kurang. Secara keseluruhan siswa-siswa yang dites tergolong bagus dalam hal mad dan qashar serta membaguskan bacaan, sementara dari indikator makhrijul huruf dan sifatul huruf tergolong kurang, dan tergolong cukup dalam hal tidak terburu-buru ketika membaca Al-Qur’an serta tergolong baik dalam mengenal tempat waqaf dan ibtida’.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 15 Sep 2025 04:12
Last Modified: 15 Sep 2025 04:12
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

View Item View Item