Pengaruh Metode Talaqqi Hasil Pembelajaran Al-Qur’an Di Kelas Vi SDIT Cahaya Pelangi Kota Sawahlunto

Gunawan Agusli, 2113209 (2018) Pengaruh Metode Talaqqi Hasil Pembelajaran Al-Qur’an Di Kelas Vi SDIT Cahaya Pelangi Kota Sawahlunto. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
COVER-gunawan-agusli.pdf

Download (500kB)
[img] Text
ABSTRAK gunawan-agusli.pdf

Download (503kB)
[img] Text
FULLTEXT gunawan-agusli.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

GUNAWAN AGUSLI, NIM. 2113209, Judul Skripsi: “PENGARUH METODE TALAQQI TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN ALQUR’AN DIKELAS VI SDIT CAHAYA PELANGI KOTA SAWAHLUNTO”. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Institut Agama Islam negeri (IAIN) Bukittinggi 2018. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak hasil belajar yang belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Proses pembelajaran masih cenderung bersifat teacher centered dengan metode tasm’i, Tanya jawab dan penugasan yang mengakibatkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, guru belum maksimal menerapkan metode yang dapat melibatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sehingga, interaksi yang menghendaki keterlibatan siswa belum terlaksana dengan baik. Bahkan, kebanyakan siswa masih kesulitan untuk mengingat kembali apa yang dihafalkan. Batasan masalah dalam penelitian ini yaitu untuk untuk menerapkan metode talaqqi pada materi mad pembelajaran Al- Qur’an kelas VI di SDIT Cahaya Pelangi Talawi Kota Sawahlunto. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana hasil belajar siswa dengan menerapkan metode talaqqi pada pembelajaran Al-Qur’an kelas VI di SDIT Cahaya Pelangi Talawi Kota Sawahlunto? Hipotesis penelitian yaitu Hasil belajar siswa kelas VI SDIT Cahaya Pelangi Talawi lebih baik setelah diterapkan metode talaqqi pada pembelajaran Al-Quran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDIT Cahaya Pelangi Talawi tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 98 orang siswa. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan simple random sampling dan diperoleh jumlah sampel yang diteliti sebanyak 50 orang, 25 orang kelas eksperimen dan 25 orang kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan tes hasil belajar ranah kognitif berupa tes essay. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar pembelajaran Al-Qur’an siswa pada kelas eksperimen adalah 82,08 dengan persentase ketuntasan 72% sedangkan, rata-rata yang diperoleh pada kelas kontrol adalah 73,72 dengan persentase ketuntasan 56%. Dari perhitungan diperoleh thitung = 2,67 dan ttabel = 2,02. Oleh karena thitung > ttabel maka H1 diterima. Jadi, dapat dikemukakan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan metode talaqqi lebih baik daripada pembelajaran konvensional ( tasm’i ) pada pembelajaran Al-Qur’an dikelas VI SDIT Cahaya Pelangi Talawi Kota Sawahlunto.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 15 Sep 2025 04:12
Last Modified: 15 Sep 2025 04:12
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/410

Actions (login required)

View Item View Item