Intan Putriani, 2414098 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMA Intensive Nurul Ikhlas X Koto Tahun Ajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
COVER intan-putriani.pdf Download (20kB) |
|
|
Text
ABSTRAK skripsi-intan-putriani.pdf Download (8kB) |
|
|
Text
e1081-skripsi-intan-putriani.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Intan Putriani/ 2414.098/2018:“Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMA Intensive Nurul Ikhlas X Koto TP 2018/2019” Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematika siswa, pembelajaran berpusat pada guru, kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, hal ini terlihat dari persentase ketuntasan nilai Ulangan Harian Semester 1 di kelas X SMA Intensive Nurul Ikhlas X Koto berada antara 0%sampai 50 % . Hal ini diduga disebabkan oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional. Akibatnya hasil belajar matematika siswa masih rendah karena kurangnnya kemampuan komunikasi matematika siswa tentang materi yang dipelajari.Salah satu alternatif pembelajaran yang diduga dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “ Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif terhadap kemampuan komunikasi matematika di SMA Intensive Nurul Ikhlas X Koto” Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Intensive Nurul Ikhlas X Koto. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji homogenitas serta uji kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelasX Pi2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Pi1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematika siswa (tes akhir). Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan komunikasi matematika pada taraf nyata ?=0,05 dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung=16.13 dan ttabel=1,68, thitung>ttabel. Sedangkan dengan menggunakan Minitab diperoleh Pvalue=0,000 yang artinya Pvalue
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 15 Sep 2025 04:16 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 01:41 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/420 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

