Citra Fahdilla, 2413068 (2018) Pengaruh Interaksi Edukatif Antara Guru Dengan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MAN Kubang Putih. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover citra-fahdilla-2413068.pdf Download (19kB) |
|
|
Text
abstrak fahdilla-2413068.pdf Download (25kB) |
|
|
Text
fulltext citra-fahdilla-2413068.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
CITRA FAHDILLA / 2413.068 / 2018: PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF ANTARA GURU DENGAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS X MAN KUBANG PUTIH Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi yang peneliti lakukan di kelas X MAN Kubang Putih pada jam pelajaran mata pelajaran matematika, terlihat interaksi edukatif antara guru dengan siswa di kelas belum secara optimal terlaksana serta sebahagian besar siswa masih memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan suatu penelitian pengaruh interaksi edukatif antara guru dengan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Kubang Putih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh signifikan antara interaksi edukatif guru-siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Kubang Putih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi edukatif antara guru dengan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Kubang Putih. Hipotesis dari penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh signifikan antara interaksi edukatif guru-siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Kubang Putih.” Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian korelasional (correlational research). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Kubang Putih yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018, peneliti menggunakan seluruh anggota populasi ini untuk diteliti. Data hasil penelitian diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi variabel interaksi edukatif antara guru dengan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Kubang Putih adalah 0,639091, ini berarti ada hubungan yang tergolong kuat antara interaksi edukatif guru dengan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Kubang Putih. KD = 40,84367%, artinya variabel interaksi edukatif antara guru dengan siswa memberikan kontribusi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Kubang Putih sebesar 40,84367% dan sisanya 59,15633% ditentukan oleh variabel lain. Persamaan regresi sederhana ? = a + bX = ?78,4673 + 0,739895X, ini berarti ? (variabel hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Kubang Putih) berubah sebesar a + bX = ?78,4673 + 0,739895X satuan, X adalah variabel interaksi edukatif antara guru dengan siswa kelas X MAN Kubang Putih. Dan Fhitung = 45,56878 > Ftabel = 3,99. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara interaksi edukatif guru dengan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Kubang Putih
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 18 Sep 2025 01:36 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 01:36 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/430 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

